Tag

, , , ,

Tepian Sungai Tiber

Jembatan sungai Tiber

“Saat ini kita meninggalkan Negara Kota Vatikan dan akan memasuki Kota Roma. Roma City Tour akan diawali dari tepian sungai Tiber” demikian terang mbak cantik pemandu lokal. Sungai Tiber? Ah segera saya menelengkan telinga menjulurkan leher, sungai Tiber memikat saya sejak dari rumah, kebesaran suatu kota tak lepas dari sungainya. Jakarta dengan Ciliwung, Pontianak dengan Kapuas, Palembang dengan Musi nah bagaimana wajah sungai Tiber ini. Sayang sekali karena city tour nan singkat hanya dari atas bus tanpa bisa membuka jendela (hehe..)

Secuil cerita di Tepian Sungai Tiber

Aha….terlihat pasangan muda mendorong stroller buah hatinya, bisa nitip mata nih…jepret. [Nak, berdasarkan mitologi Romawi, legenda kota Roma erat sekali dengan sungai Tiber. Alkisah seorang perawan Vesta Rhea Silvia dengan dewa Mars memiliki anak kembar Remus dan Romulus. Jalinan cerita menyebutkan kedua kanak-kanak ini terombang-ambing di sungai Tiber. Bersyukurlah ada seekor serigala betina yang welas asih, menyusui dan memelihara mereka. Seiring dengan pertumbuhkembangan mereka, mulailah terkikislah rasa saling mengasihi terselip rasa saling iri hingga puncaknya saling berkelahi adu kuasa dengan melegalkan segala cara. Remus tersingkir oleh Romulus yang menjadi penguasa pertama kota Roma yang lahir pada 21 April 753 SM. Kota Roma berkembang di tepian sungai Tiber yang mengalir sejauh 406 km dari Pegunungan Apennine ke laut Tyrhenian]

Ponte Principe Amedeo Savoia Aosta

Ponte Principe Amedeo Savoia Aosta, jembatan awal yang kami jumpai melintas di sungai Tiber. Spot ini sangat terkenal, foto senja yang diunggah di internet sangat cantik, saya harus puas dengan foto samping yang kurang jelas.

Ponte sisto dengan eye flood

Ponte Sisto-Sungai Tiber Roma

Berikutnya adalah Ponte Sisto yang dibangun pada tahun 1479 sebagai ‘footbridge’ dengan anti flood ‘eye’. Pastinyalah kota Roma tidak mau terendam banjir sehingga dilakukan penataan luapan.

Sungai Tiber dan Ponte Sisto

Jembatan Sungai Tiber

Sungai Tiber di Roma

Lah yang ini belum tahu nama jembatannya, bus kami melintas dan jepret….akhirnya punya dokumen wajah sungai Tiber. Kelihatan yaak kalau diambil dari kaca dalam bus, ada bayangan peserta yang terikut dalam foto. Sebenarnya rute ini tidak terlalu panjang, terbayang kalau jalan kaki bisa mengikuti penjelasan mbak pemandu lokal tentang sinagoge, jembatan tertua, penjara tertua dan beberapa universitas yang terlintas. Bersyukur, tepian Sungai Tiber selintas dari jendela bus tetap memberikan secuil cerita.

Iklan