Tag

, , , , ,

Senyum Tersungging di Dayang Bunting

2-dayang-bunting-marble-geoforest-park

Dayang Bunting Marble Geoforest Park

Postingan geosite (situs geologi) Goa Gong dan Seruling Samudera di Pantai Klayar komponen geoarea Pacitan bagian dari Taman Bumi tingkat Dunia (Global Geopark) Gunung Sewu berdasarkan penetapan UNESCO 2015, mengait keelokan kunjungan ke Dayang Bunting. [Taman Bumi Langkawi ditetapkan sebagai Global Geopark oleh UNESCO pada tahun 2007 dan direvalidasi setiap empat tahun sekali. Taman Bumi ini terdiri dari tiga gugusan utama yaitu (1) Kilim Karst, dengan keutamaan karst, (2) The Machinchang Cambrian Geoforest Park, dengan keutamaan warisan zaman kambrium, serta (3) Dayang Bunting Marble Geoforest Park, dengan keutamaan batuan marble/marmer. Langkawi sungguh cerdik menjual capaian peringkat global geopark ini dalam iming-iming kemasan wisata yang menggoda]

1-langkawi-geopark

Langkawi Global Geopark

3-marble-geoforest

marble geoforest

Marble geoforest….marble atau marmer adalah batuan gamping yang mengalami perubahan sifat fisik oleh suhu dan tekanan yang tinggi. [gugusan gunung gamping/kapur yang menjelma menjadi marmer dengan harga jual yang tinggi, semisal di Pacitan] Suasana geoforest sungguh terasa, bebukitan muncul dari laut berselimutkan hijauan tumbuhan lebat.

4-dayang-bunting-menarik-pengunjung

Dayang Bunting menarik pengunjung

Taman Bumi ini menarik banyak pengunjung dengan penataan prasarana, perbaikan layanan maupun harga tanda masuk yang rasional, turun dari RM 5 ke RM 2. Begitu perahu kecil yang mengantar kami hoping island bersandar ada beberapa pilihan kegiatan. Mau duduk bersantai di tepian P. Dayang Bunting juga ruang informasi bak museum mini,  bermain jetski atau lanjut ke Tasik Dayang Bunting.

5-dayang-bunting-aktivitas

Dayang Bunting aktivitas wisata air

6-dayang-bunting-ekosistem

Dayang Bunting ekosistem

Sebagai ekosistem geoforest, banyak monyet berlarian di sekitar tempat duduk kita, lompat ke pepohonan, hinggap di kursi. Mari bersahabat dengan alam.

7-tasik-dayang-bunting

Tasik Dayang Bunting

Terpikat ke Tasik Dayang Bunting?

8-jalan-setapak

jalan setapak Dayang Bunting

9-danau-air-tawar-terbesar-di-tengah-laut

Tasik Dayang Bunting, danau air tawar di tengah lautan

Tidak terlalu jauh koq, berhasil ngomporin peserta tour untuk bersama melongoknya. Jalan setapak tertata rapi, tentunya siap menanjak lanjut menukik menuju tasik alias danau.

Hijau turquoise (hijau pirus) menawan, Tasik Dayang Bunting…suatu fenomena geologi danau air tawar terbesar berada di pulau kecil yang mengapung di lautan asin. Secara geologi danau ini terbentuk dari goa yang ‘amblong’ mengalami penurunan dan terpenuhi oleh air tawar yang ditampung oleh rimba menghijau yang mengitarinya. Apa yang bisa dilakukan di tasik ini, aneka rekreasi air tersedia dari leyeh-leyeh hingga berperahu.

10-tasik-dayang-bunting-hijau-turquois

Tasik Dayang Bunting menghijau pirus

11-sesar-sungkup-kisap

Sesar sungkup kisap

12-warisan-geologi

Warisan Geologi

Saatnya kembali ke gisik tepian pantai, kembali perjalanan mendaki dan menurun. Sambil istirahat mengambil nafas mari nikmati warisan geologi ini Sesar Sungkup Kisap. Fenomena ini menunjukkan bahwa bumi tidak pernah statis. Saya sangat mengagumi ketertiban pengunjung, tidak ada vandalism corat-coret, betapa sedihnya bila warisan geologi ini penuh coretan, untuk mengabadikannya cukup klik sebagai catatan keelokan alam.

13-kisah-cinta-si-enggang

Kisah Cinta si Enggang

Dimanapun sama saja, fenomena alam, geologi tak lepas dari kisah dan dongeng legenda. Aneka papan penanda mulai dari legenda Tasik Dayang Bunting, legenda pulau Dayang Bunting, air tasik dipercaya membantu pasangan memperoleh kehamilan, yap air segar dari rahim bumi yang terjaga. Hingga kisah cinta si enggang, senada dengan keagungan enggang kepercayaan masyarakat Kalimantan. Setiap legenda memuat pesan tersirat kesatuan ekosistem bumi, setiap titah sebagai bagian dari bumi terangkai didalamnya dan saling menjaga. Senyum tersungging di Dayang Bunting.

Iklan