Tag

, , , ,

Dondong apa Salak, Duku cilik-cilik …..

Dondong apa salak, duku manis-manis

Dondong apa salak, duku manis-manis

Mampir di pasar pada hari Minggu, pandangan tertambat pada seorang ibu yang menggandeng putranya. ingatanpun melayang pada lagu kanak-kanak yang berkisah tentang asiknya mengikuti ibu ke pasar.
Dondong apa salak, duku cilik-cilik ……
Ngandhong apa becak, mlaku thimik-thimik ……
[Dondong apa salak, duku kecil-kecil ….naik andhong atau becak, jalan pelan-pelan]
Pembelajaran tentang pasar, tentang aneka buah, aneka modus transportasi, kurikulum sederhana yang bila diolah dengan tepat mengasah aneka kemampuan anak.

Di tengah aneka buah impor yang membanjir, ke tiga buah tersebut memiliki kedudukan unik, terasa khas buah tropis. Dondong …. yang terbayang adalah rasa asam dan bagian biji yang khas runcingnya. Namun bila kita bertemu dondong Karimunjawa dengan sosoknya yang berukuran besar warna hijau kekuningan, rasa asam manis dengan tekstur renyah hmm enak. Selama ini dondong hadir dalam bentuk olahan manisan baik yang diiris maupun dondong utuh dibentuk bunga cantik, menjadi sahabat tukang rujak karena rujak tanpa dondong terasa kurang lengkap.

Dondong

Dondong

Salak yang terkenal adalah salak Bali, salak pondoh dari Yogya, Banjarnegara juga ngetop dengan pondoh lumutnya selain salak lokal dari masing-masing daerah. Saat masih kecil suka sekali dengan cangkriman, sega sekepel dirubung tinggi …. salak, nasi sekepal dikerubuti kepinding …salak (duh sayang ya koq cangkrimannya agak menyeramkan. Salak (snake fruit) ini cukup disukai oleh tetamu saat kebun mengadakan international event. Selain sebagai buah segar/meja, salak juga disajikan dalam bentuk olahan manisan serta kini berkembang kripik salak juga dodol salak.

salak - snake fruit

salak – snake fruit

Nah si kuning cilik ini adalah duku, rasanya segar khas. Duku yang ngetop di pasaran adalah duku Palembang (masyarakat Lampung bisa protes nih, duku Lampung juga manis bening). Langsat Pontianak dengan penanda langsat Punggur duh enak manis dan murah sekali saat panen raya. Selama ini buah duku dikonsumsi langsung, saya belum mengenal produk olahannya.

duku - manis-manis

duku – manis-manis

Gambar-gambar tersebut diambil saat menghadiri Festival Hortikultura Jawa Tengah di Soropadan Maret lalu. Event yang digelar adalah lomba buah tropis, berjajar buah unggul lokal dan nasional khas Indonesia dipajang dengan tampilan menggiurkan siap dinilai dewan juri diantaranya dari Pusat Kajian Buah Tropika. Merajut harap buah dengan kualitas peserta lomba memenuhi gerai-gerai buah, meramaikan bursa buah di pasaran, meningkatkan kesejahteraan petani buah. Setiap daerah memiliki buah unggul yang khas, bagaimana dengan dondong, salak dan duku di tempat sahabat? Dan kanak-kanakpun tetap riang menyanyi dondong apa salak, duku manis-manis …..  Salam buah

Iklan