Tag

, ,

Pesona ‘Royal Flora 2011‘ Ratchaphruek

Postingan ini merupakan nukilan dari kunjungan di ‘Royal Flora 2011‘ Ratchaphruek (RFR2011) yang diselenggarakan di The Royal Park Ratchaphruek. RRF ini sebagai perayaan atas ulang tahun Raja Bhumibol Adulyadej yang ke 84 di tahun 2011, ultah Ratu Sirikit yang ke 80 dan putra mahkota Maha Vajiralongkorn yang ke 60 pada tahun 2012.

Event ini merupakan eksposisi hortikultura yang diselenggarakan sejak 14 Des 2011 hingga 14 Maret 2012 mendatang. Diikuti oleh berbagai negara termasuk negara kita yang menampilkan paviliun Indonesia dengan nuansa Bali sebagai daya tariknya, dan memperoleh penghargaan Supreme Accolade. RFR2011 ini merupakan eksposisi yang ke 2 setelah RFR 2006 bulan Des hingga Jan 2007 dengan jumlah pengunjung mencapai 3,781,624 jiwa.

Ratchaphruek berarti pohon golden shower (Cassia fistula L.) merupakan bunga nasional Thailand, berwarna kuning keemasan seperti simbul kemuliaan Budha. RRF ini berlangsung di Pusat Penelitian dan Pengembangan Pertanian Chiangmai di district Mae Hia. Untuk mengelilingi taman seluas 80an ha tersedia mobil kereta, bila menghendaki privasi lebih tersedia mobil golf dengan biaya @ 160 baht, pengemudi cantiknya berperan selaku pemandu tur dan akan menunjukkan tempat-tempat yang ‘wajib’ dikunjungi serta paviliun negara kita. Dengan giant wheel berarsitektur kabin khas yang berasal dari Dubai, kita bisa menikmati pemandangan luas dari atas dan menandai spot yang ingin dikunjungi.

Perkembangan teknologi tanaman hortikultur (tanaman buah-buahan, sayuran dan tanaman hias) berlangsung sangat pesat dan cepat. Perubahan selera konsumen mendrive upaya pemuliaan tanaman untuk mendapatkan keragaman bentuk dan kualitas. Thailand menjadi trendsetter untuk buah dan tanaman hias, sedangkan untuk benih sayuran masih dipegang oleh Taiwan. Berikut adalah cuplikan pemandangan dari pagelaran akbar tersebut.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.