Tag

, , ,

Tarian Lili Laba-laba

Spider lily di tepian jalan

Spider lily di tepian jalan

Melewati selasar Kartini di gerimis sore terlihat pemandangan apik. Mahkota white spider lily terangguk-angguk diterpa butir gerimis sesekali gerakan melayang ditiup angin. Sabetan lemah dari selendang mahkotanya mengingatkan pada gemulainya penari memainkan selendang dengan iringan musik, yak serasa tarian lili laba-laba.

Berkali menemuinya di keseharian tidak selalu mengundang rasa ingin mengetahui namanya. Melalui colekan WA Jeng Lidya Mama Calvin yang bertanya, ‘Bun bunga putih di foto ini namanya apa ya?’ Barulah tukang kebun gadungan mencari jawab… Ooh nama dagangnya white spider lily…haha penamaan berdasarkan keragaan, bunga lili putih berbentuk sarang laba-laba…Sedangkan nama ilmiahnya Hymenocallis caribaea….

Duo spider lily

Duo spider lily (sepasang lili laba-laba)

Laiknya keluarga bebakungan tumbuhan ini memiliki umbi sebagai cadangan makanan sekaligus untuk perkembangbiakan. Syarat tumbuhnya cukup mudah sehingga banyak digunakan sebagai border taman jalan, tampil dalam hamparan menghijau bermahkota putih. Tangkai benang sari mencuat ke atas laksana antena laba-laba dengan kumpulan sari berwarna kuning oranye.

Penelusuran lanjut menyebutkan tumbuhan ini berfungsi sebagai penyaring udara secara alami (biofilter). Belum mendapatkan mekanisme kerjanya, minimal melalui proses fotosintesisnya tumbuhan ini mampu menyerap CO2 di atmosfer dan mengubahnya menjadi oksigen yang menyegarkan pernafasan kita. Mari menikmati tarian lili laba-laba…..

Iklan