Tag

, , , ,

Kunto Bimo di Taman Kota Salatiga

Taman Kota Salatiga

Taman Kota Salatiga

Mari jalan-jalan sejenak ke Taman Kota Salatiga……lokasinya di Bendosari di jalur lingkar Selatan Kota Salatiga.

Taman Kota - Hotan Kota Salatiga di JLS

Taman Kota – Hutan Kota Salatiga di JLS

Melenggang di jalur masuk utama yang lega, terasa suasana taman pendidikan dengan papan nama di dekat pohon, bangku taman yang berdampingan dengan tempat sampah pengingat menjaga kebersihan lingkungan, pun solar panel penyedia energi senantiasa tersedia sepanjang masa di daerah tropis.

Pemandangan ke depan tergelar plasa sebagai titik sentral kegiatan. Untuk mencapainya ups puluhan tangga menurun menanti. Mari ayunkan langkah dengan riang. Pada masanya aneka perform terbuka dapat dilaksanakan di poros plasa dan penonton dapat menikmatinya dari segala penjuru 360 derajat.

Bermuara di plasa Taman Kota Salatiga

Bermuara di plasa Taman Kota Salatiga

Sejenak mata memutar, lalu bila ada pengunjung yang memiliki kendala fisik bagaimana cara mengaksesnya? Tersedia jalur di samping pintu utama yang dapat langsung ke bagian bawah dan dapat dijangkau dengan kursi roda sehingga taman ini akan mampu dinikmati setiap orang. Bahkan gazebo lansiapun tersedia.

Taman anak di Taman Kota Salatiga

Taman anak di Taman Kota Salatiga

Taman bermain dengan model taman lalu lintas, orang tua bisa mendampingi putra-putrinya bermain memperhatikan etika berlalu lintas. Taman ini sekaligus menjadi jogging track yang nyaman bagi penikmat kegiatan jalan kaki.

Jogging track di Taman Kota Salatiga

Jogging track di Taman Kota Salatiga

Sebagai ornamen taman didominasi tanaman pucuk merah, biola cantik, kembang kecrutan, si rambut merah peneduh pergola, trembesi dan olala ada kunto Bimo. Kombinasi yang menarik, pucuk merah menyumbangkan kecerahan merah di keteduhan hijau. Kembang kecrutan saat berbunga mahkota oranye menyala mirip badan burung menjadi daya pikat dinikmati dari kejauhan. Belum lagi pohon jenitri yang tersebar, buah ungu menyembul dari paduan daun hijau, menguning bahkan memerah menyalanya menjadi icip-icip keceriaan warna musim gugur di daerah tropika

Biola cantik dan orkestra taman

Biola cantik dan orkestra taman

Kunto Bimo si Kigelia africana

Kunto Bimo si Kigelia africana

Nah Kunto Bimo yang ini bukan jenis senjata pewayangan, kunto Bimo yang menjadi nama lokal dari Kigelia africana mempesona yang selama ini dikenal sebagai pohon buah sosis karena buahnya tergantung mirip sosis dengan ukuran raksasa. Mirip juga dengan gada yang bila dipergunakan sebagai senjata pemukul membuat korban mental ibarat disentil kunto Bimo.

Hutan Kota Salatiga

Hutan Kota Salatiga

Taman kota Salatiga ini berhadap-hadapan dengan Hutan Kota Bendosari yang dipisahkan oleh jalur jalan raya. Untuk sementara akses ke hutan kota belum terbuka penuh. Pada saatnya semoga juga dilengkapi jembatan penyeberangan penghubung kedua taman ini sehingga pengunjung dan kelancaran jalur lingkar saling terjaga.

Taman kota Salatiga dalam tahap berbenah, pada sisi calon kolam renang, areal out bond, BMX track, skate board, flying fox, taman satwa belum terwujud sempurna. Bisa dibayangkan eloknya bila semua titik telah terangkai sempurna. Seraya mengundang peran serta pengunjung dan penikmat menjaga kelestariannya agar ruang terbuka hijau, penyumbang kesegaran kota, sarana rekreasi dan perekat komunitas kota terjaga.