Tag

, , , ,

Biduk Berlabuh di Teluk Popoh

Teluk Popoh dan Bahtera berlabuh

Teluk Popoh dan Bahtera berlabuh

Teluk merujuk pada bagian laut yang menjorok ke darat, bila dilihat dari daratan menjadi cerukan. Bentuk muka alam tersebut mereduksi kekuatan ombak dan secara alami menjadi rintisan dari tempat nelayan menambatkan biduknya hingga berkembang menjadi pelabuhan. Salah satu teluk yang terkenal keindahannya adalah Teluk Popoh yang terletak di desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dari ibu kota.

Teluk Popoh buih dan biduk

Teluk Popoh, buih dan biduk

Sebagai teluk yang tenang, berlabuhnya biduk juga dibarengi dengan hempasan ombak menerpa bebatuan di pinggiran pantai, mengirimkan buih memutih. Sebagai bagian dari siklus panjang dari air, air samudra saat menyentuh gisik juga bermakna salam perjumpaan dan perpisahan sesaat air di samudra memasuki siklus air biru (blue water) hingga saatnya bersua kembali dengan bumi pemangku air hijau (green water).

Teluk Popoh, samudra menyapa gisik

Teluk Popoh, samudra menyapa gisik

Perpaduan bukit kapur dengan samudra ini menyuguhkan pemandangan yang cantik menjadi aset pariwisata bagi Pemda Tulungagung. Pengelolaannya cukup apik, fasilitas pendapa agung untuk bersantai, wisata air maupun panggung hiburan. Hinggar bingar di pantai …. bagi penikmat suasana alami teluk di bagian barat yang lebih landai menarik hati.

Teluk Popoh dan rekreasi

Teluk Popoh dan rekreasi (suasana Tahun Baru 1434 H)

Teluk Popoh dan hingar bingar

Teluk Popoh dan hingar bingar

Teluk Popoh yang berbentuk mengantong juga menyediakan rejeki pengisi kantong bagi yang giat bekerja. Nelayan dengan hasil tangkapannya, perajin marmer kekayaan alam Tulungagung, semoga tambang marmer bagian sumber daya alam yang takterbarukan ini dikelola dengan lestari sehingga menjadi sarana berkah yang melimpah.

Teluk popoh saat rejeki menghampiri

Teluk Popoh saat rejeki menghampiri

Teluk Popoh berkah melimpah

Teluk Popoh berkah melimpah

Perjalanan dari kota Tulungagung ke arah selatan menuju barisan bukit kapur dengan tanaman khasnya pepohonan jati. Di sela barisan jati saat musim penghujan tiba para petani menugal ladang ulur wiji jagung. Dari salah satu puncak bukit kapur bentuk dan keindahan Teluk Popoh semakin memikat. Wisata Teluk Popoh terus berbenah salah satunya penataan parkir kendaraan demi kelancaran dan kenyamanan pengunjungnya. Berminat …..

Teluk Popoh dari bukit kapur

Teluk Popoh dari bukit kapur

Menikmati deburan ombak di Teluk Popoh mengingatkan bahwa kehidupan setiap kita juga ibarat biduk di samudra kehidupan. Ada saatnya angin ribut mengguncang dan merindu labuhan yang teduh.

Angin ribut menyerang menggetarkan hatiku,ombak ganas menerjang aku lari padaMu. Sang Penolong tolonglah, mohon pandu bidukku, hingga aku sampailah di labuhan yang tenang.

Iklan