Tag

, ,

Antara Seroja dan Teratai

Teratai dan Seroja alias lotus

Beberapa waktu lalu ada teruna kebun yang mengatakan bingung antara seroja dan teratai. Jadi teringat pernah menyoal teratai dan seroja alias lotus. Campur aduk penyebutan yang jamak terjadi karena keduanya termasuk tumbuhan air yang bunganya sangat cantik, keduanya juga termasuk bunga sakral dalam upacara keagamaan. Baiklah dijadikan materi postingan saja di kebun Rynari.

Teratai

Teratai dari GMKA

Nah tumbuhan teratai (Nymphaea) adalah nama genus untuk tanaman air dari suku Nymphaeaceae yang dikenal sebagai water-lily atau waterlily. Di Indonesia, teratai juga digunakan untuk menyebut tanaman dari genus Nelumbo (lotus). Tumbuh di permukaan air yang tenang semisal kolam ataupun bejana serupa kolam mini. Warna bunganya beraneka semisal putih, kekuningan maupun aneka varian ungu dari ungu muda hingga ungu kemerahan ungu. Bunga dan daun menyembul mengapung di permukaan air, mencuat dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam. Ukuran daun bervariasi dari relatif mini hingga teratai raksasa yang ada di kolam Kebun Raya Bogor (KRB). Begitupun ukuran bunganya. Begitu banyak ragam teratai, karena tumbuhan ini meliputi sekitar 50 spesies yang tersebar dari wilayah tropis hingga daerah subtropis seluruh dunia. Untuk kembang teratai yang tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia berasal dari Mesir.

Kuncup Teratai melatar tempat bermain

Kuncup Teratai melatar tempat bermain

Teratai di pelataran Jatayu

Teratai di pelataran Jatayu

Teratai merekah

Teratai merekah

Ini beberapa tampilannya ada yang berasal dari Gua Maria Kerep Ambarawa (GMKA) ataupun dari suatu taman di hotel kawasan Kaliurang Yogyakarta yang pernah di posting di laksana Shinta di Taman Argasoka.

Seroja alias Lotus

Seroja alias Lotus

Seroja alias lotus memiliki tampilan yang berbeda dengan teratai, tangkai bunga tegak menjulang dan bunganya tidak mengapung di permukaan air. Tumbuhan ini berasal dari India dan menjadi lambang negara India. Tumbuhan air ini dari genus Nelumbo.

seroja-di-kasumigaura

Selain sebagai tanaman hias, seroja alias lotus ini jamak dibudidayakan. Semisal pada hamparan luas lotus di Danau Kasumigaura yang pernah saya posting, untuk diambil umbinya sebagai bahan makanan. Begitupun di Vietnam untuk dipanen bijinya dan menjadi oleh-oleh khas Vietnam. Dari bunga yang berkembang muncul semacam cawan piring dengan cekungan tempat biji yang tampil menawan. Beberapa foto lotus yang saya ambil di Salatiga, Yogya maupun Cirebon menunjukkan eloknya lotus.

seroja-dan-cawan-biji-eksotiknya

Berminat bertanam teratai dan lotus yook siap bermain media lumpur dan akan menikmati bunganya yang elok…