Menabung Air Hujan Yook

Hujan berkat kan tercurah . . . Sungguh air hujan adalah berkat, pembawa kesejukan, pembilas polutan di atmosfer, derainya hadirkan simfoni indah. Banyak petani menyandarkan hidup pada kehadirannya sehingga muncul istilah sawah tadah hujan. Hujan merupakan bagian dari siklus air yang mengagumkan, diantaranya pernah disajikan di sini.

Tak dapat dipungkiri dengan pengelolaan yang sembrono hujan juga menghadirkan resah, resah genting bocor, resah datang terlambat di kantor hingga resah banjir bandhang. Sebagian keresahan dapat diredam bila setiap kita berkenan menabung sebagian air hujan yang tercurah.

celenganku

celengan air hujan

Menabung air hujan

Menabung air hujan dapat dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu memberikan kesempatan air hujan untuk meresap ke dalam tanah di pekarangan kita, Mengingat semakin sempitnya bagian pekarangan yang benar-benar terbuka penerapan LRB (Lubang Resapan Biopori) merupakan alternatif yang sangat efisien.

Di pekarangan yang sempit, pondok kami memiliki 4 LRB yang sudah berumur lebih dari 3 tahun. Gambar di atas adalah LRB yang tepat berada di bawah air cucuran talang. Karena suka mendengar cucuran hujan tidak semua bagian talang kami pasang pipa pembuangan air. Nah LRB tersebut berdiameter sekitar 10 cm, ditutup dengan kasa kawat kemudian kami tutup dengan krakal sehingga tidak mengganggu pemandangan.

rumput di atas resapan air

Hamparan rumput di atas resapan air dari kamar mandi

Sedangkan 3 LRB yang lain kami buat terbuka, secara berkala asisten di rumah memasukkan sisa menyiangi sayuran, pangkasan rumput dll, jadilah tempat sampah mini yang secara berkala pula kami panen dalam bentuk kompos. Selain ke 4 LRB tersebut, terdapat 3 resapan air, tanpa mengurangi luasan pekarangan yang sempit, karena diatas resapan tersebut tetap kami tanami. Berharap sebanyak mungkin air hujan maupun air limbah rumah tangga dapat masuk kembali ke air tanah dan menjadi sumber mata air di tempat lain, menjadi cadangan/deposit air di bumi sambil mengurangi resiko banjir. Bagaimanakah tabungan air di pekarangan Anda? Apapun modelnya, berapapun ukurannya, mari bersama menabung air hujan yoookk.