Tag

, , , ,

Harmoni Ginkgo-Maple

Sesungguhnyalah segala sesuatu dijadikanNya berpasang-pasangan, saat sahabat di belahan Selatan khatulistiwa menikmati kebun musim semi, para sahabat di belahan Utara bumi sedang bersiap menyambut musim gugur. Masing-masing memiliki keindahannya yang khas. Musim gugur menautkan hati saya pada pasangan ginkgo dan maple.

1. Maple berjajar

Maple berjajar

Saat blusukan ngalor (ke Utara) Mei lalu terpana dengan deretan pohon berdaun cantik, daun menjari meruncing dengan lembar yang cukup tipis, loh bukankan ini maple yang saya impikan….menegas pada sahabat perjalanan semakin yakin. Bila selama ini menimang daun maple dalam impian maya kini saatnya menyentuh secara nyata.

1. Maple merimbun

Maple merimbun

Sosok pohonnya yang berbatang kekar dengan daun merimbun hijau dengan dahan dan ranting menyebar rata. Sempat pula menjumpai maple berdaun merah keunguan.  Menikmati deretan pohon maple ini membayang angan saat perubahan musim panas ke musim gugur. Warna hijau daun berubah secara gradual, perubahan suhu menyebabkan hilangnya klorofil (zat hijau) daun dan memunculkan zat warna yang lain dari kuning ke karoten (jingga) hingga likopen merah tomat.

2. Maple merah-hijau

Maple merah-hijau

Bila di tanah air kita terbiasa nyemil kripik dedaunan semisal kripik bayam bahkan daun stroberi, kripik daun maple konon dijajakan sebagai penganan ringan di Jepang. Masa berjaya  warna-warni daun maple dengan sebutan momiji dilekatkan dengan budaya momijigari ngariung bersama menikmati keelokannya, hampir setiap keluarga menikmatinya sambil menggalang kebersamaan seperti yang disajikan oleh Mbak EM yang tinggal di Nerima Tokyo.

Canada memuja daun maple ini dan menyematkannya sebagai simbol pada bendera Negara. Pohon maple dalam ingatan kanak-kanak saya adalah maple sugar alias Acer sachharum yang disadap sebagai penghasil gula dari rimba dalam buku Little House in the Prairie.

4. Ginkgo parade

Ginkgo parade

Pasangan deretan pohon maple adalah deretan pohon Ginkgo biloba, tumbuhan yang dipercaya asal daratan China dan menyebar ke pelbagai penjuru ini memiliki tampilan tak kalah eksotik. Bentuk daunnya unik mirip kipas dengan pinggir berenda dan sedikit lebih tebal dibanding daun maple.

3. Ginkgo menghijau

Ginkgo menghijau

Pada musim gugur warna hijau daun ginkgo berubah menjadi warna kuning keemasan oleh kehadiran dominansi xanthophyl. Secara lansekap penanaman maple berpasangan dengan ginkgo sehingga saat autum membentuk harmoni warna yang spektakuler kuning emas berpadu dengan jingga memerah.

Melengkapi kripik daun maple,  daun ginkgo disematkan sebagai simbol Prefecture Tokyo. Biji ginkgo juga dijadikan camilan yang cukup kaya protein pun mineral Kalium. Pengobatan asli Tiongkok sering melibatkan tumbuhan ini terutama untuk stimulasi saraf otak, yang kini banyak diperdagangkan sebagai suplemen.

Menikmati paduan harmoni ginkgo-maple ini sambil memejamkan mata, naluri otak segera menyuguhkan pola perubahan warna hingga sajian parade warna-warni musim gugur. Paduan warna kecintaan aneka kalender, lukisan alam kerelaan daun gugur dari tangkainya sesuai dengan panggilan tugasnya. Selamat menikmati harmoni ……

Iklan