Pesona Portulaca alias Krokot

Tanaman krokot atau portulaka termasuk genus/marga Portulaca dari suku Portulaceae. Terdapat sekitar 40-100 spesies (2 diantaranya adalah Portulaca oleracea dan Portulaca grandiflora) yang ditemukan di daerah tropis dan daerah bermusim empat. Tanaman ini bersifat sukulen dapat tumbuh dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Bila tumbuh disela tanaman utama yang diusahakan, tanaman krokot ini menjadi bagian dari gulma. Tanaman krokot berdasarkan kemanfaatannya dapat digunakan sebagai tanaman yang dapat dimakan (edible plant), beberapa orang menggunakan sebagai obat herbal dan beberapa jenis karena keindahan bunganya digunakan sebagai elemen taman.

Tanaman sayurKrokot yang termasuk tanaman yang dapat dikonsumsi (edible plant) adalah spesies Portulaca oleracea. Di daerah Jawa tengah dikonsumsi sebagai sayur pecel, lebih segar lagi untuk brambang asem (pedes asem segar, dengan bumbu racikan ibu). Batang krokot berbentuk bulat berwarna merah keunguan, tumbuh tegak atau setengah merambat di atas tanah. Berdaun tunggal, tebal berdaging berbentuk bujur telur. Warna permukaan atas daun hijau tua, permukaan bawahnya merah tua. Mahkota bunganya berjumlah lima buah, berwarna kuning dan kecil-kecil, umur bunganya sangat singkat bunga ini akan mekar pada pagi hari antara pukul 8.00-11.00 siang dan layu menjelang sore.

Portulaca oleracea

Portulaca oleracea

Sumber gambar

Tanaman obat herbal; Berkenaan dengan kandungan flavonoidnya krokot juga sering digunakan sebagai tanaman obat herbal. namun berhubung pemahaman saya tidak memadai, bagian tersebut dapat dikaji lebih lanjut dari sumber-sumber yang lebih mendukung.

Elemen Taman; Tanaman ini dikenal dengan nama bunga cantik manis atau bunga pukul delapan. Melalui pemuliaan tanaman didapat berbagai variasi warna bunga krokot yang indah. sosoknya yang setengah merunduk juga berfungsi sebagai tanaman penutup tanah. Sebagai elemen taman spesies  utamanya adalah Portulaca grandiflora. Sebagai pembeda diantaranya bentuk daun menjarum. Tanaman ini tidak membutuhkan syarat tumbuh yang rumit, tanah gembur dan air yang cukup sangat menunjang penampilan keindahan bunga. perbanyakan dapat dilakukan dengan biji ataupun setek batang. Pengaturan dalam border, kombinasi dengan  jenis dan tekstur tanaman yang beragam menonjolkan keindahan mahkota bunganya. Berikut beberapa penampilan cantiknya.

jambon tumpuk

Krokot cantik manis jambon tumpuk berenda

pink juga putih polos

Krokot cantik manis pink juga putih polos

kombinasi putih-pink

Krokot cantik manis kombinasi putih-pink, semburat lidah api pink di bagian tengah amboi cantiknya ....