Tag

,

Pesona Gerbera

Manisnya gelar kuis kebun melalui pinta “Biar ku tumbuh di batangmu” yang jawabannya disajikan pada “Parade kepel menempel” samar masih terasa. Kini menyambung postingan sebelumnya tentang pesona floret, saya harus mengawali dengan pengakuan upaya penyebaran ‘virus’ ala kebun yaitu gerakan cinta amatan flora di sekitar keseharian. Kata kunci yang dipasang adalah floret, rangkaian mahkota dan nama pakar Jerman sahabat Carolus Linnaeus, pun pengarah melalui komen atas jawaban belum tepat yang dilepas.

Yak tanaman yang dimaksud adalah Gerbera, L salah satu genus/marga dari famili Asteraceae, dalam keseharian tanaman ini di kalangan florist disebut sebagai gerbera, gerbra, herbras, erbras untuk nama lokal bungo kopra (Rumah Aur, Bukik), kembang senter (Bali). Bagi sahabat pecinta kebun, sosok bunga tersebut tak asing lagi, kekuatannya untuk bertahan membuat eMak LJ menjulukinya mantra gerbera. Beberapa sahabat berkomentar mirip krisan, memang betul karena mereka satu suku. Ini dia tampilan cantiknya….

Cukup banyak sahabat kebun yang mengenali dengan benar, setiap jawaban yang benar disematkan pada vas rangkaian  gerbera berikut

Vas Undian Gerbera

Vas Peserta Kuis Gerbera

Dengan sistem sederhana ala kopyokan, ini dia sahabat kebun yang kali ini mendapatkan buku Pesona Gerbera Tiga Warna……Yang terpilih adalah………..

Vas Undian Gerbera

Vas Undian Gerbera

Pesona Gerbera Tiga Warna

Pesona Gerbera Tiga Warna

Terima kasih untuk setiap sahabat yang telah menyemarakkan kuis ala kebun ini. Secara khusus penghargaan untuk Jeng Lidya yang menjawab Compositae giseke namanya diambil dari Paul Dietrich Giseke dan sukses menggiring tukang kebun blusukan mencari gambarnya, hatur nuhun Teteh……