Tag

, , ,

Painted Leaf Begonia nan Jelita

Painted leaf begonia nan jelita

Ada kegiatan di rumah sahabat. Alamak langsung terpesona dengan rumah berpekarangan penuh tanaman warna-warni. Teras penuh dengan tanaman hias yang ditata apik. Perhatian segera tersita dengan aneka begonia. Mulai dari Begonia masoniana (Iron cross begonia), Begonia nautilus, Begonia silver jewell.

Genus begonia ini kaya anggota, lebih dari 1800 jenis dengan banyak spesies. Dari aspek keindahan ada flowering begonia yang menonjolkan keelokan bunga laiknya mawar bertumpuk dan aneka ukuran bunga. Sementara lainnya menonjolkan keindahan daun. Bak lukisan dengan aneka tumpahan cat sehingga disebut painted  leaf begonia.

Selain yang native juga banyak hibrida dirakit oleh para pemulia dan memanjakan para kolektor maupun hobiis. Lah saya emak kebun sekedar penikmat milik sahabat saja. Beberapa memerlukan pemeliharaan khas, tidak suka kering tapi juga kurang suka terlalu basah. Seperti lagu yang sedang-sedang saja, hehe..

Nah kembali tampilan begonia di rumah sahabat, sebut saja mbak Sri, ini beberapa yang tertangkap oleh kamera kepo saya.

Painted leaf begonia bercorak abstrak merah

Yang pertama, pot dengan begonia berdaun hijau pucat dengan pola bintik abstrak merah maroon, atau malah dominasi merah maroon dengan latar sedikit hijau ya. Bulu halus yang menutupi permukaan daun terlihat kontras. Belum berhasil mencari nama spesiesnya.

Painted leaf begonia, kiri Begonia masoniana (Iron cross begonia)

Berikutnya begonia dengan daun membulat, warna dasar daun hijau beludru dengan pola coklat tua pada bagian tulang daunnya. Yuup di rumah ada satu pot pemberian mbakyu RisIf. Helaian daun tebal sehat. Merunutnya, mendapat tuntunan Begonia masoniana (Iron cross begonia). Masih berupaya menangkarkannya, karena mendapatkannya dari pemberian, minimal harus bisa berbagi anakannya, hehe.

Painted leaf begonia, ala rumah keong di tengah (Begonia nautilus)

Terbelalak dengan lembar daun begonia berukuran lebar. Warna dasar keperakan dengan pinggiran bak renda berwarna cokelat ke arah hijau tua. Uniknya…ya uniknya bagian tengahnya ada bagian daun yang menggulung spiral layaknya rumah siput. Olala melongok di internet dijumpakan dengan begonia spiral, Begonia nautilus (bukankah perkeongan termasuk nautilus) bahkan ada sebutan begonia escargotEscargot kuliner ala bekicot yang ngetop di Perancis nan mahal Ternyata varian warna daunnya banyak sekali.

Begonia berdaun mini

Jenis ini berdaun agak kecil, bila yang lain memiliki permukaan hampir datar, jenis ini memiliki permukaan bergelombang. Warna daun pinggir hijau keunguan, bagian tengah berwarna hijau muda bergurat jelas. Bentuk daunnya mirip oval atau malah ginjal ya. Belum mendapatkan nama spesiesnya.

Begonia silver jewell

Nah yang ini cantik sekali dengan daun mirip hati. Warna dasar keperakan, ada goresan cokelat ke arah radial keluar. Mencoba merunut mendapatkan Begonia silver jewell. Inilah sebagian begonia koleksi mbak Sri yang tertangkap kamera hape saya. Painted Leaf Begonia nan Jelita. Semoga lain kali bisa bertanya kepada beliau kiat merawatnya hingga tanaman tampil prima subur.

Nah sahabat kebun RyNaRi, mangga saling berbagi cerita tentang Painted Leaf Begonia. Selamat berkebun