Tag

, , ,

Usung langsung dari kebun

Meningkatnya kesadaran konsumen akan kemanan pangan menuntut keamanan proses. Kemasan yang cantik sungguh diperlukan, namun konsumen yang membayar dengan harga yang layak perlu yakin bahwa pangan yang dibelinya aman sejak dari lahan hingga saji dengan maraknya gerakan safe from farm to table bahkan to dish. Masih di kawasan USA (Ungaran-Salatiga dan Ambarawa), mari kita singgah sejenak di Bawen.

Suasana di gerai

Suasana di gerai

Aneka buah  segar

Aneka buah segar

Gerai ini memajang berbagai produk sayuran dan buah-buahan yang dikemas dan ditata dengan apik yang sebagian besar dipanen langsung dari kebun yang menghampar di sekitar gerai, beberapa dari kelompok tani binaannya. Salah satu andalannya adalah sirsat madu dengan rasa manis yang lebih kuat. Hamparan kebun jambu biji, pepaya, durian dan srikaya memasok buah masak pohon secara langsung.

Aneka sayuran segar

Aneka sayuran segar

Aneka sayuran segar dengan warna-warni cerah, bayam hijau, bayam merah, labu siam putih, umbi bit membentuk harmoni warna dan gizi. Sayuran daun, polong, umbi, bunga (bunga pepaya, turi maupun brokoli). Bila pembeli ingin menengok kesegarannya, dari jendela gerai nampak hamparan kebun sayuran, baik yang ditanam di lahan terbuka maupun deretan rumah kaca di sekitar green resto (postingan mendatang).

hamparan kebun sayuran

hamparan kebun sayuran

Pepaya matang pohon diusung langsung ke gerai

Pepaya matang pohon diusung langsung ke gerai

meranum di kebun

meranum di kebun

Postingan oleh-oleh kunjungan dari kebun yang menghijau berkat aliran air segar dari embung di puncak bukit.