Tag

, , ,

[PTB]

Adakah Sekatenan di Alun-alun Tian An Men?

Kenangan masa kecil saya, begitu bemo memasuki pintu gerbang arca Nggladak, segera nampak tanah lapang yang luas di muka keraton Surakarta yang lazim disebut alun-alun lor yang bertetangga dengan pasar Klewer. Kata alun-alun juga mengait tontonan hebat pada zamannya yaitu pasar malam (terutama di Yogyakarta dan Surakarta) yang berlangsung tiap bulan Maulud (untuk merayakan Maulid Nabi Muhammad SAW) yang disebut sekaten/sekatén.

Alun-alun menjadi ajang perjumpaan antara kekuasaan adat budaya, kekuasaan legal formal, religi maupun ekonomi. Perjumpaan kadang terjadi secara santun, ada kalanya melalui perdebatan panas bahkan senjata penguasa berbicara.

Kenangan tersebut menguak kembali saat memasuki kawasan lapangan Tian An Men yang dijuluki kawasan nol  kilometer atau pusat Kota Beijing dan mendapat peringkat alun-alun terluas sedunia. Peneduh pohon beringin diwakili oleh jajaran pohon ginko biloba dan pohon dengan ranting daun menjuntai penuh serbuk bunga halus beterbangan. Pun gerbang reca nggladak diwakili The Gate of Heavenly Peace yang menjadi pintu masuk ke Istana Megah yang tersohor dalam film The Last Emperor dengan sebutan Kota Terlarang.

Peneduh alun-alun

Peneduh alun-alun

gerbang Tian An Men

gerbang Tian An Men

Aroma jejel riyelnya pengunjung sekaténan tergantikan oleh lautan pengunjung yang hendak berziarah ke makam pemimpin besar RRC Mao Zedong yang berada di tengah lapangan. Aneka warna bendera/umbul-umbul yang diacungkan oleh pemandu tur, seragam topi maupun busana warna menyala menjadi  pedoman untuk meminimalkan peluang tersesat/kesingsal.

alun-alun 2

museum di seputar alun-alun Tian an men

Alun-alun ini juga menjadi saksi kelam sejarah tatkala  dialog dan diplomasi macet dan digantikan oleh ganasnya senjata penguasa melibas mahasiswa agen pembaharu bangsa. The gate of heavenly peace yang semestinya tenang damai mendadak memerah darah yang percikannya menggegap ke seluruh penjuru dunia.

alun-alun 1

alun-alun Tian an men

gerbang kota terlarang

gerbang kota terlarang

Melintas sejenak di pelataran luas ini membisik tanya … Adakah Sekatenan di Alun-alun Tian An Men?