Tag

, , ,

Pentas dan Ujung Pangkal

Melihat tanaman pentas (Pentas lanceolata) dalam pot yang penampilan bunganya mulai berantakan, saya mengambil gunting untuk merapikannya. Tanaman ini saya peroleh dari kunjungan ke kebun sahabat. Beliau menjelaskan pemeliharaannya yang mudah. Mari pindahkan tanaman dari kantong plastik ke pot yang lebih besar dengan media tanam gembur biar akar tumbuh subur. Untuk memelihara pembungaan dilakukan pemupukan seimbang, mudahnya dengan pupuk majemuk NPK.

pembentukan tajuk pentas

pembentukan tajuk pentas

Kelopak bunga majemuk dengan tampilan sekilas mirip kembang soka segera menyembul indah. Inilah tampilan pentas (Pentas lanceolata) dengan nama dagang Egyptian starcluster, karena mahkota bunga bersegi lima mirip bintang dan bergerombol. Pemeliharaan rutinnya adalah memotong tangkai bunga yang mahkotanya telah luruh. Dari bekas tangkainya akan segera muncul beberapa tunas yang nantinya membentuk cluster bunga lagi sehingga akan terbentuk tajuk yang merimbun.  Semoga empat pot pentas aneka warna ini subur menyemarakkan pekarangan sempit kami, mengingat spesialisasi saya lebih ke penikmat dengan kemalasan memelihara tingkat akut.

Menarik sekali mengamati percabangan tanaman pentas ini. Pada setiap bagian ujung yang tangkai bunganya dipotong segera menjadi pangkal bagi beberapa calon ujung baru. Demikian seterusnya, tiada ujung yang abadi karena begitu dipangkas menjadi pangkal ujung-ujung baru yang lebih banyak. Pemeliharaan ujung lalu pangkal menjadi menarik.

Mengingatkan pada pengelolaan pilihan, begitu ujung pilihan ditetapkan akan menjadi pangkal bagi alternatif pilihan-pilhan berikutnya dan tidak akan pernah menjadi ‘bangunan pilihan’ yang linier/lurus satu arah karena munculnya tunas-tunas pilihan. Seorang lulusan baru yang diperhadapkan pada aneka pilihan ‘karier’ menetapkan satu pilihan (semisal wiraswasta) akan menjadi pijakan bagi pilihan langkah-langkah berikutnya, jenis usaha wiraswasta dan aneka analisisnya. Sehingga menjadi percabangan pilihan dan akhirnya kegiatan dengan ‘tajuk yang merimbun’ suatu siklus yang berkesinambungan.

Pentas lanceolata

Pentas lanceolata di kebun sahabat

Ada kalanya sesuatu yang ‘tanpa ujung pangkal’ batasan ujung bisa dikelola dengan memangkasnya sehingga menjadi pangkal baru yang diharapkan lebih sederhana dan terpelihara dengan baik. Yup analogi untuk ‘menyederhanakan’ masalah, keberanian dan ketepatan waktu mengencangkan mata gunting. Aha awas hati-hati agar tunas muda yang potensial tidak ikut tergunting. Yuk kembali menikmati pentas si kembang pentas saja.

Iklan