Tag

, , ,

Buka Bersama di Punthuk Setumbu

Sekitar pk 3.30pm kami menapak lantai parkir di Wisata Alam “Borobudur Nirwana SunrisePunthuk Setumbu, Desa Karangrejo, Kec Borobudur, Kab Magelang. Cuaca sungguh cerah, menatap perbukitan Menoreh, nampak puncak Suralaya nan megah.

Kaki segera menapak ke gazebo tempat pertemuan, terpapar pemandangan cantik menawan. Pasangan aki Merapi dan ibu Merbabu menyambut kami dengan ramah ini dia….

Pasangan Aki Merapi-Ibu Merbabu@3.34pm dari Punthuk Setumbu

Pasangan Aki Merapi-Ibu Merbabu@3.34pm dari Punthuk Setumbu

Bila ibu Merbabu seperti merentang tangan memeluk semesta, pose Aki Merapi menjulang mengapung di atas awan…

2. Merapi mengapung di awan @3.49pm

Merapi mengapung di awan @3.49pm

Kami kembali menyusuri Punthuk Setumbu bersama kelompok tani setempat dengan dukungan aneka pihak mengantisipasi pengelolaan daerah berlereng agar tetap lestari. Keeksotikan Punthuk Setumbu makin dikenal, arus kunjungan menderas, penduduk sekitar selain mendulang rezeki dari pelancong tetap memegang mandat menjaga kelestarian bumi.

3. Punthuk Setumbu

Punthuk Setumbu

Pertemuan bakda Asar tersebut merancang penanaman buah unggul lokal, penguatan tebing dengan sereh untuk menahan longsor plus bernilai ekonomi. Dihadirkan Pak Mustofa yang sharing cara pembiakan MOL (mikro organisme lokal) dan pemanfaatannya dalam budidaya. Beliau mengenakan kaos berslogankan kedaulatan pangan, ra tuku ra utang gawe dewe [tidak membeli, tidak berhutang, mari mengusahakan sendiri alias swa sembada] Catatan pertemuan sudah diurus sekretaris kelompok tani, mari nikmati keelokan sore di lereng Punthuk Setumbu….

Siluet Borobudur seolah menyala diterpa matahari sore. Tersembunyi ujung stupa…. Bentang lahan yang unik, Borobudur berlatar bukit kecil yang berlatar lereng mengarah ke kaki G. Merapi. Puncak Stupa Agung Borobudur berhadapan dengan puncak Merapi yang tak henti menghembuskan asap. Posisi ini yang mengundang minat para pemburu fajar. Posisi matahari terbit yang selalu bergeser dari puncak Merapi, turun ke arah lembah Merapi-Merbabu dan mengarah ke kereng Merbabu. Akhir Juli ini momen fajar merekah dari ceruk Merapi Merbabu seperti gambaran masa kecil kita bila menggambar matahari merekah diantara dua bukit.

5. Merapi dan Borobudur dari Punthuk Setumbu

Merapi dan Borobudur dari Punthuk Setumbu

Sore itu pemburu sunsetpun tetap mengalir, pun sepasang turis asing dengan semangat mendakinya. Kelompok tani yang juga pengelola wisata alam ini selalu menyapa ramah pengunjungnya. Terbayang eloknya senja di puncak Punthuk saat jingga merona di balik perbukitan Menoreh dengan tampilan siluet puncak serupa Budha Tidur. Dari lokasi pertemuan kami, rona senja membias dari sela pepohonan yang memagari pemandangan ke arah Barat, kemilaunya cukup menyadarkan kami tiba saatnya senja kala menghampiri.

6. Punthuk Setumbu Juli 2014 Buka Bersama

Punthuk Setumbu Juli 2014 Buka Bersama

Bedhuk bertalu dan Azan Maghrib menyeru…..syukur puasa hari ini berlangsung selamat, anggota kelompok tanipun segera membatalkan puasa, salah satu memimpin doa syukur dan menyambut rezekiNya……nikmatnya berbuka bersama di tengah alam terbuka….[Bu Nur, besok lagi tidak perlu menggunakan kardus, menggunakan alas daun jati dan pisang lebih sedap dan ramah lingkungan loh] Salah satu warga dengan ramah dan bahasa Inggris fasih menyapa wisatawan asing yang turun dari puncak, mengundang mereka mencicipi takjil kolak pumpkin, sweet potato, arenga fruit, sungguh keramahan khas ….

Puncak Merapi sesaat membara lalu meredup disaput lembayung jingga sebelum menggelap. Saatnya kamipun kembali ke rumah……

7. Punthuk Setumbu lembayung Senja@5.37pm

Punthuk Setumbu lembayung Senja@5.37pm

Iklan