Tag

, , , ,

Mengintip Eksotisme Pulau Panjang

Dermaga Penyeberangan ke P. Panjang

Dermaga Penyeberangan ke P. Panjang

Hasrat mengabadikan “Bagaikan Nènèr Warna-warni di Pantai Bandengan” dari arah laut memacu adrenalin keberanian untuk menyeberang ke Pulau Panjang. Sementara dari pengeras suara terpancar ajakan mari berkunjung ke Pulau Panjang dengan beaya Rp 10.000,- pp, ini adalah perahu terakhir ….. pukul 2.55 pm kamipun merapat ke arah darmaga penyeberangan. [Penyeberangan ke Pulau Panjang benar-benar diakhiri pukul 16an karena semakin sore ombak semakin besar]

Armada Wisata Bahari

Armada Wisata Bahari

2. Pelampung oranyeMenengok ke belakang tersaji teluk Pantai Bandengan dengan “nènèr” warna-warninya, semakin ke tengah laut terasa gerakan ombak yang sesekali membasahi kami, pandangan mata pada “lerap-lerap” permukaan air yang pada beberapa orang bisa memacu rasa pening. Tak terasa tangan semakin kuat mencengkeram bangku tempat duduk, mata menengadah ke atap terpaku sejenak pada warna oranye gonjreng baju pelampung, menengok ke buritan nampak tangan mantap awak kapal mengarahkan kemudi dengan raut wajah tenang. Ooh mari teduhlah gejolak hati, mari nikmati perjalanan, bayangkan keindahan dermaga tujuan…….

Seandainya ada suara merdu menyapa: “Para pelancong yang terhormat, selamat datang di penyeberangan wisata bahari bernomor lambung 25 dengan tujuan Pulau Panjang. Penyeberangan ke P. Panjang akan kita tempuh dalam waktu kurang lebih 25 menit ke arah Barat Laut. Perlu kami sampaikan bahwa penyeberangan wisata bahari ni adalah tanpa asap rokok, sebelum lepas sandar kami persilahkan kepada anda untuk mengenakan baju pelampung. Semua sisi perahu yang terbuka secara berkala akan mengirimkan cipratan air, dimohon melindungi barang berharga tidak tahan air dengan plastik yang disediakan dan mari rasakan sensasi penyeberangan. Atas nama Kapten Samudera merangkap awak perahu yang bertugas mengucapkan selamat menikmati penyeberangan  ini, dan terima kasih atas pilihan anda untuk berwisata ke Pulau Panjang

Pulau Panjang

Menurut Wikipedia, [“Pulau Panjang dengan luas 19 hektar ini berjarak 1,5 mil laut dari Pantai Kartini, Jepara. Pulau ini memiliki pasir putih dengan dikelilingi laut dangkal berair jernih serta memiliki terumbu karang. Bagian tengah pulau ini terdapat hutan tropis dengan pohon yang tinggi menjulang serta diselingi perdu dan semak sebagai tempat burung laut berkembang biak. Flora di pulau ini dominasi oleh pohon Kapuk randu, Asam Jawa, Dadap serta Pinus. Terdapat Makam Syeh Abu Bakar, yang menjadi tujuan ziarah. Pulau Panjang berpotensi sebagai resort yang mengusung go green, yaitu dengan membangun resort tapi tidak merusak ekosistem pohon-pohon.”]

Pendapat saya pribadi, sayang bila P. Panjang dibangun sebagai resort, untuk bangunan akomodasi wisata biarlah berpusat di daratan Jepara maupun Kepulauan Karimunjawa. P. Panjang menjadi wisata edukasi ekologi dengan perawatan hutan tropis mini serta keragaman biota lautnya.

3. P. Panjang di kejauhan

P. Panjang di kejauhan

 Dermaga P… panjang

Dermaga Pulau Panjang

Selamat datang di P. PanjangSeandainya lagi ….“Para pelancong yang terhormat, selamat datang di P. Panjang, kami persilahkan kepada anda untuk bersiap turun dengan cara naik ke dermaga dengan bantuan awak perahu. Waktu sekarang menunjukkan pukul 3.32pm kami berharap semua kembali sebelum pukul 4pm.Sebelum meninggalkan perahu, kami ingatkan kembali kepada anda untuk mengembalikan baju pelampung pada tempatnya, mengambil baju pelampung merupakan perbuatan yang sangat tercela. Selamat menikmati keindahan pasir putih pantai, keanekaragaman tumbuhan serta biota laut. Mohon berhati-hati dengan bulu babi, peran serta pelancong menjaga kelestarian flora dan terumbu karang sangat dihargai. Terima kasih.

5. Selamat datang di P. panjang

Waktu yang terbatas tidak memungkinkan kami mengeksplorasi lengkap, berikut adalah hasil mengintip eksotisme P. Panjang. Mari ke arah kiri menyusuri jalan setapak beton pinggir pantai….

Arah kiri dermaga P. Panjang 1

Arah kiri dermaga P. Panjang

Arah kiri dermaga P. Panjang 2Matahari sore menimpa pasir pantai dan membiaskan sinar keperakan di permukaan laut. Meranggasnya dedaunan di akhir musim kemarau juga menambah kesan panas. Bila kita berbelok ke arah kanan dari sisi Barat Pulau, kita akan menemui sisi landai dan agak sepi.

Arah kiri dermaga P. panjang 3Keinginan untuk sedikit berbasah ria kandas dengan maraknya peringatan awas bulu babi… Secara empiris peningkatan populasi bulu babi digunakan sebagai indikator pencemaran yang mengakibatkan kerusakan terumbu karang. Teman berjalan yang kesehariannya dekat dengan pembelajaran biologi mengenang bertahun lalu datang ke lokasi ini untuk studi ragam biota yang sekarang nampak berubah. Menjumpai pandan laut (Pandanus tectorius) yang sedang berbuah…..

Pandan pantai di Pulau Panjang Jepara

Pandan pantai di Pulau Panjang Jepara

Arah kanan dermaga P. Panjang

Arah kanan dermaga P. Panjang

Arah kanan dermaga P. panjang 2Pemandangan ke arah kanan dari dermaga, hamparan pasir pantai memanjang dan cukup lebar, tak heran disisi sini kepadatan pengunjung cukup tinggi. Berlarian di sepanjang pantai, beraksi dengan aneka gaya, aneka ragam ‘foto model’ ada di sisi ini. Lengkung garis pantai di ujung kanan sangat cantik dan dibelakangnya mulai tampak kelebatan floranya.

Pantai Kartini dari P. Panjang

Pantai Kartini dari P. Panjang

Mari saatnya kembali ke daratan sebelum gelombang makin kuat … dari kejauhan nampak Pantai Kartini dengan Kura-kura Ocean Parknya.

Hanya sedikit perahu yang berpapasan karena memang menjelang berakhirnya penyeberangan. Bilah-bilah penghalang di sisi kiri perahu semakin menunjukkan fungsinya sebagai pemecah hempasan air laut agar tidak menyiram langsung kami para penumpang. Meski intipan singkat terima kasih Pulau Panjang……

Terima kasih P. Panjang

Terima kasih P. Panjang

Iklan