Tag

, , , , , ,

The Little Zwitzerland – Telaga Berpagar Bukit

telaga-berpagar-bukit

telaga-berpagar-bukit

Sebagai anak G. Lawu sisi Barat, saat kecil saya sering bertanya seperti apa ya keelokan wilayah kaki Lawu sebelah Timur.

1-menuju-telaga-sarangan

menuju-telaga-sarangan

Liburan akhir tahun 2016 berkesempatan menikmatinya kembali bersama Ibu, keluarga 2s, 6s dan 7s. Perjalanan menanjak G. Lawu dengan keelokan alam wisata Tawangmangu sungguh memanjakan mata. Melewati Cemara Sewu kami memasuki wilayah perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur disambut oleh wilayah Cemara Kandang. Belokan tajam, suasana berkabut dan hijau merimbun menghantarkan kami memasuki kawasan wisata Telaga Sarangan yang bersuhu sejuk. Telaga Sarangan sebutan dari Telaga Pasir, bentukan alami telaga di ketinggian 1 200 mdpl, di Desa Sarangan, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan.

telaga-sarangan-dan-bukit

telaga-sarangan-dan-bukit

2-legenda-telaga-sarangan

legenda-telaga-sarangan

Apa saja yang dapat dinikmati di kawasan ini? Mari awali dengan menyimak legenda Telaga Sarangan yang melibatkan Ki dan Nyai Pasir.  Konon Telaga Pasir (Telaga Sarangan) ini terbentuk oleh ulah mosak-masiknya sepasang naga jelmaan Ki dan Nyai Pasir. Sepasang petani yang semula hidup tenang dengan apa yang mereka miliki yang kemudian berubah wujud akibat memakan telur yang mereka temukan. Ada pesan tersirat untuk lebih berhati-hati mengambil dan mempergunakan sesuatu yang belum diketahui pasti asal-usulnya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Masyarakat sekitar telaga memiliki ritual khusus labuh sesaji sehubungan dengan telaga ini. Pun penampilan ekologis telaga ini relatif terjaga kelestariannya.

4-berpayung-menikmati-semilir-telaga

berpayung-menikmati-semilir-telaga

5-kayuh-bebek-air-di-telaga-sarangan

kayuh-bebek-air-di-telaga-sarangan

Mari dipilih, menikmati gisik telaga dengan naungan payung warna-warni. Seraya menikmati debur alun riak telaga yang digoyang perahu cepat. Menikmati perairan dengan bebek air yang harus digenjot sendiri yang tentunya menambah keakraban kerja sama. Kami melewatkan pilihan-pilihan ini.

6-praon-di-telaga-sarangan

praon-di-telaga-sarangan

Mau mencoba perahu cepat? Hayook dengan 2 perahu sebagian kami menikmati keriaan telaga Sarangan. Serasa saling adu manuver antar perahu dari tenang ke hempasan berbasah ria, pengunjung dihantar mengitari Telaga.

3-berkuda-mengitari-telaga-sarangan-yook-pptx

berkuda-mengitari-telaga-sarangan-yook

7-jalan-kaki-mengitari-telaga-yook

jalan-kaki-mengitari-telaga-yook

Lanjut yuuk… Mengitari telaga sambil naik kuda? Waduh peserta dolan tidak memilihnya. Saat kunjungan duluuu rasanya jalur kuda ini sangat nyaman, kini harus berdesakan dengan pejalan. Syukurlah kebersihan dari kotoran kuda sudah diperhatikan dengan disediakannya tempat penampungannya. Sebagian kamipun memilih lanjut mengitari Telaga dengan jalan kaki, dengan rute melawan jarum jam.  Mari nikmati suguhan elok dari setiap sudut belokannya. Lumayan capek mengitari telaga seluas sekitar 30 ha ini.

telaga-sarangan-kawasan

telaga-sarangan-kawasan

telaga-sarangan-berpagar-hijau-rimba

telaga-sarangan-berpagar-hijau-rimba

Terdapat pulau kecil di tengah telaga yang konon disebut Pulau Putri yang juga dipergunakan untuk ziarah karena dikaitkan dengan makam ulama maupun legenda Jaka Lelana.

pulau-di-tengah-telaga-sarangan

pulau-di-tengah-telaga-sarangan

telaga-sarangan-pintu-air

telaga-sarangan-pintu-air

Untuk mengatur ketinggian muka air terdapat pintu air yang saat kunjungan tidak terlihat aliran melimpah dari telaga. Mengingatkan saat kunjungan sekian warsa lalu air telaga hampir menyentuh pinggiran jalan, kami pengunjung dapat mencedok air dan memainkan kaki sambil duduk di tepian telaga.

Secara kesatuan keindahan ekosistem Telaga Sarangan sangat menarik. Bagaikan kolam alami berpagarkan bukit-bukit menghijau.  Perbukitan Sidoramping membingkai mangkuk alami telaga. Perpaduan hutan, gunung, telaga menjadikan Telaga Sarangan kawasan tetirah alam kesukaan dengan julukan Little Switzerland alias Swiss mini mengingat alam Swiss yang memiliki panorama cantik.

telaga-sarangan-little-zwitzerland

telaga-sarangan-little-zwitzerland

g-lawu-menjulang-menaungi-telaga

g-lawu-menjulang-menaungi-telaga

telaga-sarangan-di-akhir-2016

telaga-sarangan-di-akhir-2016

keriaan-di-telaga-sarangan

keriaan-di-telaga-sarangan

Usai berwisata alam mari nikmati kuliner khas Telaga Sarangan. Sepincuk sate kelinci, ataupun gendar pecel Madiun. Minumannya perasan murni jeruk manis batu, beneran murni 4-5 buah pergelas, memulihkan stamina. Untuk buah tangan mari ditenteng kerajinan tangan aneka anyaman bambu, sayuran, buah segar maupun tanaman hias hortikultra setempat.

Mari menikmati sajian Telaga Sarangan The Little Switzerland seraya berdendang….

Teduh sunyi damai tenang telaga Sarangan
Indah bukan buatan pemandangan untuk bertamasya
Tempat marga satwa mandi berkencimpung ria
Bebas menghias diri berkicau murai di tepian tlaga
Kolam air ciptaan Tuhan dipagar bukit bukit rimba
Tempat insan datang untuk menghibur lara
Dikakinya gunung Lawu di situ letaknya
Kagum aku memandang keindahanmu oh rahasia alam

Iklan