Tag

, , , ,

Parade Renda Putih di Rumah Kelahiran Bung Hatta

Memasuki bulan Agustus suasana terasa meriah. Menjelang peringatan hari kemerdekaan RI yang ke 67, dilaksanakan apel merah putih di kebun, begitu pula saat peringatan yang ke 68 disajikan bola-bola merah putih, untuk mengenang peringatan detik-detik Proklamasi ke 69 ini dihadirkan parade renda putih.

0. BCB Rumah Kelahiran Bung Hatta

Benda Cagar Budaya Rumah Kelahiran Bung Hatta

1. Rumah KBH dulu dan kini

Rumah KBH dulu dan kini

Salah satu momen sangat berharga dari kopdar manis di Kamis gerimis saat diajak eMak LJ berkunjung ke Rumah Kelahiran Bung Hatta. Postingan ini tak hendak berkisah tentang sejarah dan deskripsi Benda Cagar Budaya Rumah Kelahiran Bung Hatta. Hanya berbagi pesona renda putih yang menghiasi aneka bagian rumah.

Menapaki halaman nan asri, pengunjung disambut petugas yang ramah siap membantu di teras. Mari mengawali kunjungan dengan kamar bujang yang terletak di bagian kanan depan. Adat Minang mengajarkan rumah anak bujang adalah di surau, kamar depan yang langsung berhadapan dengan halaman adalah tempat singgahnya. Berburu ilmu hingga ke negeri orang adalah dambaan dan Bung Hatta salah satu yang melakoninya.

2. Renda putih di kamar bujang

Renda putih di kamar bujang

Beranjak ke ruang tengah berdinding papan, berplavon lapis anyaman kulit bambu, renda putih menghias meja. Mari pengunjung kita hargai pembatas areal agar tidak menduduki kursi tamu ini.

renda putih menghias meja ruang tengah lantai 1

Renda putih menghias meja ruang tengah lantai 1

4. Renda dan merah putih di kamar tidur lantai 1 Rumah KBH

Renda dan merah putih di kamar tidur lantai 1 Rumah KBH

Renda putih dan mesin jahit di rumah KBH

Renda putih dan mesin jahit di rumah KBH

Ruang makan seperti halnya rumah adat lain berada di luar rumah utama, menjadi penghubung antara dapur di belakang dengan rumah utama, penghubung antara lantai 1 dan 2. Dapur bersanding dengan lumbung atau rumah rangkiang di sebelah kanan dan ruang kereta/bendi di sebelah kiri. Kembali renda putih menghampar di ruang makan, disinilah saya mendapat visualisasi sesukat padi dan segantang beras dalam media bambu wutuh.

Renda putih di ruang makan rumah KBH

Renda putih di ruang makan rumah KBH

Mari naik ke lantai 2…..dari balkonnya biru Marapi sungguh menawan hati berkalung renda awan putih….

Renda putih menjuntai di ruang tengah klantai 2 Rumah KBH

Renda putih menjuntai di ruang tengah klantai 2 Rumah KBH

Kembali renda dan nuansa merah putih menghiasi kamar-kamar tidur di lantai 2.

8. Renda dan merah putih di kamar tidur lantai 2 Rumah KBH

Renda dan merah putih di kamar tidur lantai 2 Rumah KBH

Renda putih menjuntai, menghampar……hm..bukankah setiap anak bangsa adalah bagian ataupun potongan serat lawe. setiap pribadi dipintal, digulung, pada saatnya disambung, dikaitkan dengan haakpen, diikat, direntang, dilentur membentuk renda. Suatu waktu Ibu Pertiwi merenda sambil berdendang, tiba masanya merenda sambil berurai air mata. Renda di meja perdagangan, layanan kesehatan, pendidikan, keamanan dan setiap segi dukungan kehidupan. Membentuk hamparan sejarah bangsa Indonesia. Dirgahayu Bangsa Indonesia, seraya menatap renda putih di rumah KBH, marilah setiap komponen bangsa siap dirajut demi kejayaan bangsa…..

Iklan