Tag

, , , , ,

Jamuran dan jeJamuran

Jamuran dalam kenangan
Saat membicarakan jamur ingatan saya terlontar ke masa kecil, Bapak pada hari libur mengajak kami berjalan-jalan ke sawah ataupun kebun tetangga dan mengenalkan aneka jenis jamur, mana yang sangat beracun dan mana yang bisa/aman dikonsumsi. Materi pelajarannya sendiri banyak yang terlupakan, hanya satu jenis jamur yang terekam kuat dalam ingatan adalah jenis jamur barat, berwarna putih bersih berukuran cukup besar dan menyenangkan saat diijinkan mencabutnya dari tanah secara pelan-pelan agar tidak putus. Bagian berikutnya adalah kreativitas ibu mengolahnya menjadi rempah jamur gurih dengan campuran kelapa parut.

Jamuran lainnya adalah tembang dolanan yang kami mainkan secara berkelompok, membentuk lingkaran dengan saling bergandengan mengepung satu teman yang dadi/jadi. Sebuah permainan yang memadukan rasa keindahan berlagu dan kekompakan. Berikut liriknya

Jamuran… jamuran…ya ge ge thok…
jamur apa ya ge ge thok…
Jamur payung, ngrembuyung kaya lembayung,
sira badhe jamur apa?

jeJamuran Resto

Bahan jamur dalam menu masakan tidak aneh, semisal pepes jamur, jamur kuping dalam timlo Solo, jamur hioko dalam sapo tahu. Namun restoran yang menu utamanya serba jamur tidaklah umum. Adalah Resto jeJamuran yang beralamat di Niron Pendowoharjo Sleman Yogyakarta Tlp.(0274) 868 170. Dari arah Magelang sebelum Yogya akan menjumpai penanda arah resto, di perempatan Beran Lor belok ke kiri sekitar 1 km.

jeJamuran
Memasuki resto tersebut disambut ruangan berdinding terbuka, tanpa AC dan mengandalkan kipas angin sehingga terasa sedikit sumuk mengingatkan suasana kumbung jamur dengan aura modern. Penamaan ruangannya juga unik memakai nama jamur. Umumnya pengunjung datang dan duduk berombongan mengingatkan suasana kompaknya saat melagu tembang jamuran, ada grup jamuran keluarga, siswa TN yang didampingi guru pamongnya, dari instansi dll.

Ruang di jejamuran

Selama menunggu pesanan kami menikmati displai aneka jamur yang tumbuh dalam log semisal jamur tiram, shitake dengan warna pink muda berenda cantik, ling zhi yang dijuluki jamur keabadian dll. Untuk kenang-kenangan juga bisa memesan log yang sudah diinkubasi bibit jamur serta aneka produk olahan jamur. Cokelat Borobudur dan Tugu Yogya juga kami beli di sini.

Jamur shitake

Tom yum, dadar shitahe, tong seng jamur dan wedangnya

Tom yum, dadar shitahe, tong seng jamur dan wedang jeJamuran

Nah ini dia menu jamur yang kami coba: tongseng jamur (diantaranya jamur merang, kancing), tom yum jamur (aseli segar, kombinasi asam pedasnya enak), dadar jamur shitake, minum honey lime dan wedang jejamuran (unik dengan rasa pedas aneka rempah diantaranya cengkih, potongan empon-empon, dengan pengaduk batang sereh). Mmm berkesan, menjadi salah satu tempat singgah di Yogyakarta. Keberanian memilih jenis usaha berbeda, memadukan konsep tradisional dengan standar layanan nasional bagian dari keberhasilan hasil usaha jeJamuran. 
Catatan: mari mencicipi tumis jamur pedas asam ala jineng Bali di rumah Jeng Dani

Iklan