Tag

, , , , , ,

Semua Karena Cinta…..

Menata kembali buku-buku di almari, mata tertambat pada dua buah buku yang sudah agak lama namun tetap sangat berkesan ….

Buku pertama: Aku Terlahir 500 gr dan Buta
True story karya Miyuki Inoue, pemenang lomba tingkat nasional di Jepang untuk karyanya yang berjudul ‘Air Mata Ibu & Diriku Dalam Genggaman’. Bercerita tentang Miyuki Inoue yang lahir 21 Agustus 1984 di Kota Kurume Fukuoka. Miyuki lahir prematur dengan berat 500g …. yap 0.5 kg, mari simak narasinya …” Begitu kecilnya aku hingga bisa digenggam, kepalaku sebesar telur, tubuhku sepanjang pena dan jari-jariku sekurus tusuk gigi”…. Bayi mungil tersebut dirawat dalam inkubator dan terkena ROP Retinopathy of Prematurity suatu penyakit yang gampang membutakan bayi prematur karena menghirup terlalu banyak oksigen.

Perjuangan sangat berat berlanjut, Miyumi kecil bersama cinta sang ibu bertumbuh meski awalnya tidak sepesat rekan sebayanya. Ibunya mendidiknya dengan sangat disiplin, membentuknya menjadi pribadi mandiri, masa bermain, masa bersekolah, bahkan bersepedapun dijalani seperti anak-anak lain. Mengenali dan membedakan benda-benda keseharian dengan meraba dan merasakan hingga mampu menyiapkan makanan dan kebutuhan sendiri. Saatnya sekolahpun dilatih menjalani transportasi umum kereta tanpa selalu didampingi bundanya. Pendidikan yang sangat ketat dan tidak selalu berjalan mulus, banyak kala Miyumi kecil memberontak hingga mengatakan: “mama bagaikan setan”.

Dengan gaya bahasa penuturan yang sangat memikat dilengkapi foto dokumentasi, digambarkan dinamika jungkir balik masalah kesehatan, pendidikan maupun pelatihan kemandirian Miyuki hingga saatnya memenangkan lomba pidato maupun lomba mengarang tingkat nasional saat usia sekolah SMP. Membaca buku ini perasaan bagai naik jet coaster teraduk-aduk antara haru, kagum, sedih ikut bergembira semisal saat Miyumi mampu naik sepeda tanpa terjatuh dan memenangkan lomba.

Sungguh buku yang sangat inspiratif hingga meraih best seller, Diterbitkan oleh PT Elex Media Komputindo cetakan ke-1 Desember 2006 dan cetakan ke-14: Agustus 2008 oleh PT Gramedia. Motto Miyumi “Karena aku cacat, aku harus berusaha lebih keras dari pada orang lain” penerimaan diri yang mendasari pengembangan diri yang sungguh luar biasa.

Buku yang kedua adalah: Hiduplah Anakku Ibu Mendampingimu.
True story karya Michiyo Inoue ibunda Miyuki Inoue, menyusul keberhasilan buku pertama. Ditulis dari sisi sang ibu, perasaan yang mendasari setiap tindakan yang diberlakukan pada putri terkasihnya, harapan yang meluap, rasa frustasi yang mendalam serta kegembiraan luar biasa melihat tumbuh kembang putrinya.

Semuanya berawal dari cinta, cinta sanggup membuat seorang ibu tanpa menikah menjadi orang tua tunggal berjuang tanpa lelah bersama putrinya. Saat menatap bayi 500 gram dan buta dalam inkubator sang ibu berjanji: ”Akan ibu buat bunga Miyuki itu mekar. Akan ibu buat anakku bahagia” dan belasan tahun kemudian kembali sang ibu bersaksi bahwa: “ Aku Terlahir 500 gr dan Buta, sesungguhnya telah menyadarkan dan menyembuhkan luka hatiku. Anakku mengajarkan bahwa kelembutan dan cinta akan membuka kemampuan seseorang untuk bertahan walaupun tidak sempurna. Miyuki, terima kasih kau mau lahir dari rahim ibu”. Menghantarkan buku tersebut menjadi best seller dengan penerbit seperti buku pertama, mencapai cetakan ke 10: April 2009.

Setiap kita memiliki buku-buku maupun kisah cinta yang inspiratif (minimal bagi kita sendiri), buku ataupun kisah cinta mana sajakah yang menginspirasi sahabat?

Iklan