Tag

, , , ,

Laksana Shinta di Taman Argasoka

Taman Argasoka

Taman Argasoka

Bila Anda menginap di Griya Persada Kaliurang dan ingin menikmati kegiatan outbond mari dijajal kesegaran di Taman Argasoka. Sungguh postingan ini bukan review pesanan, hanya amatan tukang kebun semata.

Taman Argasoka mengingatkan saya pada bacaan taman nan elok di kerajaan Alengka pimpinan raja Rahwana. Putri Trijata mendapat mandat menemani Shinta yang tetap puguh setia kepada Rama junjungannya meski Rahwana tak lelah membujuknya agar berpaling hati. Taman saat Anoman menjadi duta sang Rama dan mendapati Shinta yang dipakemkan dalam pupuh tembang Kinanti.

Pohon Pulai

Pohon Pulai

Pohon pulai (Alstonia scholaris) menjulang yang merupakan salah satu tanaman langka ikut menghiasinya. Memiliki nama lokal pohon pule (Jawa) ataupun kayu gabus, kayu batangnya tidak terlalu keras dan disukai oleh para pematung, tanaman ini juga memiliki khasiat obat.

Rama-Shinta

Rama-Shinta

Jatayu

Jatayu

Rama Shinta resto dengan suasana pendapa yang apik juga Jatayu tempat santap yang terbuka langsung menghadap ke pelataran melingkar dengan pusat tempat api unggun. Bercengkerama dengan keluarga besar di malam hari ataupun olah raga bersama pastinya seru. Jatayu? Yup sang gagah putra Aruna, saudara Sempati dan keponakan Garuda. Saksi yang melihat Shinta diculik Rahwana, berupaya sekuat tenaga menghalanginya meski harus berkorban nyawa.

Pelataran

Pelataran

Aha ini sajian yang selalu saya suka, belajar bijak dari para kera, ada saat tak perlu bicara, tak usah melihat juga mendengar. Apalagi ditempatkan di belakang gemericik kolam berlatar seroja (lotus) pengingat seroja di Kasumigaura.

Bijak mendengar, berucap dan melihat berlatar seroja

Bijak mendengar, berucap dan melihat berlatar seroja

Pendapa Maliawan…. Maliawan bagian dari wiracarita Ramayana. Perjalanan dari gunung ke gunung, prabu Rama mencari isterinya Shinta. Mendapat dukungan penuh dari wadya bala wara pimpinan Hanoman alias Anoman yang menyanggupi perjalanan ulang alik Gunung Maliawan-Taman Argasoka Alengka Diraja dalam tenggat waktu sehari semalam

Gunung Maliawan

Gunung Maliawan

Maliawan

Maliawan

Mulus membulat hijau sebesar bola, inilah buah mojo atau maja yang dilekatkan pada kejayaan Majapahit.

Pohon Mojo

Pohon Maja

Biarkan buah hati bereksplorasi di taman bermain, kemampuan motorik dibangun, kecintaan pada alam dikembangkan secara alami.

Kuncup Teratai melatar tempat bermain

Kuncup Teratai melatar tempat bermain

Deretan teratai dalam pot mengiring pengunjung ke plaza Jatayu semacam Garuda Wisnu Kencana mini di ujung belakang.

Deretan teratai puspa puja

Deretan teratai puspa puja

Teratai merekah

Teratai merekah

Teratai di pelataran Jatayu

Teratai di pelataran Jatayu

Sesaat di Taman Argasoka menyesap kesegaran alam dengan nuansa kisah Rama Shinta yang melegenda. Apresiasi untuk penggagas dan arsitek lansekap pewayangan sang eksekutor ide yang ciamik. Melalap satu bab masa dalam perjalanan sang waktu.

Iklan