Tag

, , , , , ,

Buah Berangan alias Buah Sarangan

Berjumpa dengan penjaja Chinese chesnut (Castanea mollissima) bersepeda, lengkap dengan penggorengan besar berisikan briket batu bara berwarna hitam pekat untuk menyangrai chesnut. Chesnut dengan rasa manis, tekstur terasa pliket (lekat) mengingatkan pada beton rebus (biji nangka). Komposisi gizinya, kaya dengan lemak tak jenuh dan protein nabati sehingga disebut juga kacang keju menjadi cemilan yang cukup digemari di banyak negara, di Jepang disebut kuri, buah berangan (Malaysia), marrons chauds (Prancis) alias roasted chesnut.

Chinese Chesnut sangan briket batu bara

Chinese Chesnut sangrai briket batu bara

Beberapa sahabat menyebutnya buah sarangan yang ternyata bersaudara. Penasaran….. ini dia dari KBBI sa·rang·an n 1 pohon, kayunya dapat dibuat bahan bangunan, berdaun tunggal, berbentuk jorong memanjang, bagian atas daunnya berwarna hijau berkilat dan bagian bawahnya putih keperak-perakan, buahnya agak bulat dan berduri; berangan; Castanea argentea2 buah sarangan.

chesnut

chesnut (kiri kios modern di daerah Wang Fu Jing, kanan penjaja keliling)

Berbekal kata kunci buah berangan didapat data yang lebih lengkap. Tanaman ini termasuk genus/marga Castanea atau Castanopsis anggota familia Fabaceae dan terpengaruh dari Bahasa Belanda, penduduk juga menyebutnya sebagai buah kastanya. Tanaman yang berasal dari dataran Tiongkok ini menyebar ke seluruh penjuru dunia. Di Indonesia penyebaran tanaman ini cukup luas dan layak ditangani lebih lanjut sebagai sarana kemakmuran, semisal upaya salah satu PTS di Riau untuk mengangkat pamor si kacang keju yang langka.

Buahnya berupa cupak (buah berkulit duri tajam) yang berperan sebagai penjaga, kemudian memecah setelah tua dan biji berserakan di bawah pohon kita tinggal mengumpulkannya. Penyelenggaraan Illahi yang sungguh indah, betapa setiap titah diajarkan untuk bersabar, biarkan buah dan biji berproses secara alami setelah siap disantap dia memberikan dirinya secara mudah. Biji yang memecah sebagian melenting ke tempat yang tak terjangkau oleh pengumpul dan secara alami akan tumbuh menjadi tanaman muda, pengaturan populasi agar tidak punah. Terima kasih buah berangan alias sarangan….