Tag

,

Ngopi yook

kalosi karamel grande

kalosi karamel grande

Pulang dari kebun sore hari badan terasa lelah dan ragil ojek penjemput mengajak ngopi yook … Karena masih sore suasana tempat ngopi yang mengusung tema rumahan masih sepi. Bertanya kepada petugas apa menu kopi andalannya, penyedia kopi-coklat-teh inipun menjawab kami siap menjamu sesuai keinginan ibu. Saya ingin kopi dengan rasa khas dan ringan, petugaspun menyarankan kopi kalosi Arabica dari pegunungan Sulawesi Selatan dengan finishing rasa manis caramel grande dan ragil memesan Jamaican choco. Berjajar contoh beras kopi nusantara, upaya yang patut dipujikan karena tempat ini menjajakan hanya kopi dalam negeri, dijual pula beras kopi bagi penikmat yang ingin menggilingnya sendiri di rumah. Dengungan suara penggiling, tetesan dari presser menjadi daya pikat.

ngopi yookKopi Nusantara

Susunan dan materi kursi antar rumpun berbeda seolah disusun dari apa yang ada. Menghargai tidak semua pembeli adalah penikmat kopi dan atau perokok, tersedia ruang tanpa perokok (meski asap kan merambah ke segala arah karena tanpa dinding massif). Menunggu sajian lumayan lama nampaknya konsep ‘bertamu’ hendak diusung, jadi pengunjung yang berkelompok satu meja saling ngobrol jenak kemudian tuan rumah menyajikan minuman, cukup lama berselang baru kudapan yang dipesan datang untuk membangun kesan tamu tidak perlu buru-buru pulang. (kecuali tukang kebun yang sudah kecapaian yang ingin segera menyesap kopi hangat dan pulang …) Ragam kudapanpun sangat ringan antara kentang goreng, sekutel, macaroni dan pancake. Keisengan saya muncul mengapa ya tidak sekalian ragam kudapan khas semisal pisang goreng (seperti coffee street di Pontianak), singkong goreng, ubi kukus dkk.

ngopi suasana rumahan
Salatiga dan kopi ibarat mata uang dua sisi, alam yang sejuk dan kekayaan alam permadani kopi menjadi pemikat sejarah pendudukan Belanda atas Salatiga. Kebun kopi Salib Putih, Banaran dan agrowisata Tlaga semua menjual dunia kopi. Apakah minuman kesukaan sahabat untuk dinikmati di kala santai ?

Iklan