Tag

,

Kisahku: Manisnya Kopdar Lebah Madu

Taman Wisata Lebah

Taman Wisata Lebah

Alkisah, musim mengisyaratkan saatnya lebah kebun menyambangi anak-anak lebah di kebun rantau. Rencana perjalananpun digelar, bonus perjumpaan diniatkan. Dibisikkannya ajakan kopdar kepada lebah pecinta museum empunya blog Kisahku dengan harapan jadwal bisa cocok. Aha sambutan segera di dapat, riangnya hati menunggu perjumpaan yang disepakati di Taman Wisata Lebah di Cibubur. Perjumpaan yang tertunda dari tahun silam karena kami masing-masing terikat dalam jadwal pertemuan keluarga.

[Hari Raya Nyepi 2015] Ng..ng…dengung halus lebah museum menghampiri pohon keluarga 5B di seputar Cibubur. Cliing….sosok anggun berbusana biru dengan senyum ramah khas beliau menyapa akrap. Inilah keindahan keluarga blogger, komunikasi yang intens terjalin melalui dunia maya secara hakiki tak berubah keeratannya saat  berjumpa. Meski perjumpaan perdana segera mengikis rasa canggung, menguapkan rasa sungkan, kepribadian Mbak Monda membuat siapapun merasa nyaman di dekat beliau. [ooh inikah rahasia peri gigi, bahasa tubuhnya menenangkan pasien yang setengah ketakutan menuju kursi ajaibnya…]

Dengan amat santun Mbak Monda bertanya bagaimana enaknya duduk ngobrol atau ngobrol sambil perjalanan dan eksplorasi alam. Kamipun memilih opsi yang ke 2, keseharian yang hampir terikat di tempat duduk saatnya diimbangi pergerakan ringan. Bagaikan koloni lebah kami berempat, mbak Monda, saya bersama Mas Tengah dan adik 7S menuju taman wisata lebah.

Apa sih yang diobrolkan saat lebah museum berjumpa lebah kebun? Mungkin telinga beberapa sahabat terasa berdenging seolah mendengar dengung sekumpulan lebah… Pastinyalah dunia blogging, sahabat-sahabat blogger yang saling terkait dalam jalinan pertemanan yang terangkai secara acak namun sesungguhnya berpola. Mirip sarang lebah dengan pola heksagonalnya, antar titik yang tidak langsung berhubungan namun terhubung sistematis.

Taman Wisata Lebah 1

Taman Wisata Lebah

Saatnya ngobrol asyiik sambil eksplorasi Taman Wisata Lebah. Kami berendeng memasuki bangunan toko yang kami kira juga pusat informasi. Ya sudah tanpa pemandu kami mulai menapak. Kecintaan Mbak Monda pada alam dan fotografi segera nampak jepret merahnya bunga varian soka yook… Aneka bentuk rumah lebah, hehe..ada yang meniru rumah bagonjong mengingatkan serunya serial TdRM maupun ATjG. [Emak ElJe dan Uni Evi semoga tidak ‘kedutan’ kami rapal di taman lebah] Mengitari miniatur habitat lebah mulai dari flora campuran, flora randu, flora klengkeng…. Memasuki aneka goa dengan nama depan Apis. Terbahak bersama saat menyadari bahwa Apis adalah nama genus keluarga lebah, ooh ternyata lebah terdiri dari aneka jenis lalu tersenyum mengingat sahabat Jeng Dani blogger yang piawai tentang lebah maupun kupu.

Bila direkam entah berapa ribu kata yang saling kami kaitkan, merenda persahabatan tanpa batas. Mengakhiri kunjungan kembali kami memasuki gerai madu, menjajal khasiat rahasianya dan olala ternyata ada petugas pemandu meski terbatas, saat ditawari kami saling berpandangan okelah lain waktu berkunjung lagi sokur bisa bersamaan dengan sahabat-sahabat di seputaran Cibubur.

Tala (rumah tawon) berdampingan

Tala (rumah tawon) berdampingan

Meski masih ingin ngobrol panjang, namun sayang sekali harus berbagi waktu dengan kunjungan ke rumah keluarga lebah yang lain. Mbak Mondapun dengan ringan hati mengantarkan kami ke pohon 6S. Saatnya berpisah….. Meski perjumpaan sejenak manisnya perjumpaan kopdar lebah madu selalu terasa. Terima kasih banyak Mbak Monda….bersyukur diperjumpakan melalui blogging diteguhkan dalam perjumpaan singkat. [Mbak Monda saat terpandang foto ‘tala‘ (rumah tawon/lebah) berdampingan ini bagian dari museum hati perekat kenangan kopdar perdana kita hehe…] Semoga lain kali berjumpa lebih lama [seraya merajut harap kunjungan berikutnya berjumpa sahabat-sahabat blogger inspiratif di Ibukota] Salam

Iklan