Tag

, , , , , ,

Jus yang Menyegarkan

Jus warna-warni

Para sahabat…siang yang terik asyiiknya nyemil buah nan segar. Beberapa jenis buah tersedia sepanjang waktu, namun beberapa jenis buah bersifat musiman, seperti saat ini yang sedang musim mangga. Ada saatnya bosan makan buah lah asupan diganti wujud saja dengan jus sehingga ‘mak glenggeng’ tinggal minum tanpa perlu mengunyah. Jus apakah kesukaan sahabat…..ini beberapa jus kesukaan kami.

  1. Jus apokat. Selain dimakan langsung dengan model dibelah melintang, bekas isi ditaburi gula atau susu kental manis coklat (ini model menikmati apokat ala kami) bisa dipotong dengan sedikit taburan gula atau modifikasi salad buah. Cara lain yang tinggal slurup adalah dibuat jus. Beberapa sahabat agak khawatir dengan asupan lemak dari apokat, rasanya lemak apokat tetap menyehatkan koq tentunya dengan takaran yang wajar.
  2. Jus sirsak. Sirsak dengan aneka khasiat.selain dicemil langsung, kami suka membuat wedang sirsak dengan cara daging buah tanpa isi diseduh air hangat dengan gula secukupnya. Atau dibuat jus dengan atau tanpa es. Alamak segarnya, jus sirsak buatan rumahan dengan tingkat kekentalan yang pas.
  3. Jus Mangga. Nah mumpung musim mangga yook puas-puasin menikmati mangga. Mau model belah membujur tanpa dikupas lalu dikerat model rumah tawon, disantap dengan cara membaliknya sambil dikelamuti, wah asyik benar. Model umum dipotong dadu dimakan langsung atau dibuat ala salad woo mak nyus. Atau model ketan mangga seperti kuliner di RT Gajah, hayook. Lah kalau menemukan mangga yang kurang sreg disantap sebagai buah meja yook dimodifikasi dengan jus. Untuk variasi rasa bisa ditambah jeruk tanpa mengubah warna. Mangga salah satu buah favorit saya sebelum ketahuan alergi hiks..
  4. Jus pepaya. Pepaya adalah buah favorit masa kecil kami. Entah kenapa buah ini kurang diminati anggota keluarga kami sekarang. Saat kecil masih bisa dibujuk dengan irisan melintang tengah berlubang mirip donat yang kadang diisi agar-agar. Dijamu jus pepaya rasa enak sekali dicampur jeruk atau nutrisari (lah sebut merek produk, bukan promosi koq) ditambahi potongan nata de coco. Lah dicoba di rumah tetap hanya emaknya yang sukaaa..
  5. Jus stroberi.

    jus stroberi

    Manis asam dengan rasa menawan, stroberi bisa disantap langsung, dikopyok dengan garam cabai (penganan yang laris di RT Gajah), hiasan kue. Mau slurup lah di jus saja, warna merah cerahnya pasti menggoda selera. Hiks sayang kini tak bisa konsumsi stroberi dengan aneka turunannya setelah beberapa tahun lalu ketahuan alergi stroberi. Alergen stroberi semisal fra a1 saya bahas di blog sebelah siapa tahu ada yang memerlukan

  6. Jus jambu merah. Saat bolak balik Bogor Salatiga dasawarsa lalu, salah satu oleh-oleh yang ditunggu anak-anak adalah jambu merah Bogor yang besar, manis harum dan segar. Cara konsumsi kami agak monoton dengan cara di jus. Setelah buah dicuci, dikupas tipis lalu bagian daam yang berbiji kami pisahkan. Bagian berbiji diblender awal dan sebentar dengan air cukup, lalu disaring kemudian dicampurkan dengan daging buah lalu diblender tanpa saring. Cara ini sangat mudah memisahkan biji utuhnya. Campuran yang sering kami gunakan adalah stroberi atau lemon tanpa mengubah warna dan taste kombinasi manis asam segar.
  7. Jus melon. Saat bosan menyantap melon potong, saatnya diblender dengan campuran sedikit susu kental manis lah maknyus. Hehe ternyata melon juga salah satu buah yang saya alergi, konon alergi stroberi juga alergi melon.
  8. Jus blimbing.

    Jus Blimbing

    Menikmati irisan melintang star fruit pelan-pelan merupakan kemewahan tersendiri. Blimbing terlalu matang dikulkas…hayuk kita blender saja, untuk variasi rasa campur dengan jeruk.

  9. Jus wortel tomat.

    Jus wortel tomat

    Aha ini menu wajib di keluarga kami, karena materialnya tersedia sepanjang musim. Kombinasi beta karoten dari wortel dan likopen dari tomat ditengarai sebagai antioksidan yang kuat untuk menangkal radikal bebas. Penambahan perasan jeruk atau daun mint menjadi pengungkit rasa sedikit berbeda.

  10. Jus wortel tomat apel. Sama ini menu wajib, hanya dibuatnya saat calon konsumen eh peminum berkumpul, untuk menghindari warna coklat dari perasan apel.
  11. Jus buah naga.

    Jus buah naga

    Warna merah nan cerah menyegarkan mata dan rasa. perasan lemon akan menambah rasa asam segar. antosianin dalam buah naga merupakan antioksidan juga anti sembelit.

  12. Jus brokoli jeruk lemon. Kini jus tidak melulu buah, bisa juga dicampurkan sayuran untuk menyerap klorofil segarnya. Masih belum lulus meneguk blenderan murninya, saya masih menyaringnya sehingga banyak serat yang masih tertinggal. Rasanya enak koq, perasan jeruk lemon membantu menyamarkan aroma brokoli
  13. Jus kale apel jeruk lemon.

    jus kale apel lemon

    Rasa manis dari apel, aroma lemon segar menambah khasiat klorofil segar dari daun kale. Apel bisa jua diganti dengan buah pir. Kuncinya segera diminum ya karena akan muncul warna coklat dari pir ataupun apel.

Nah sahabat banyak varian jus segar ya, berkenan saling sharing jus kesukaan keluarga sahabat? Salam sehat

Iklan