Tag

, , ,

Belajar dari Labu Kuning (Cucurbita moschata)

Waluh kuning

Waluh/labu kuning

“Buah tanaman apakah ini?”

“Tanaman labu atau waluh kuning, Pak” jawab teruna kebun dengan suara yang cukup keras.

“Tanaman apakah, Bapak belum mendengar jawaban Anda dengan jelas”

Cucurbita moschata Durch, Pak” kembali teruna menjawab dengan sedikit tersipu.

Begawan kebun Balitsa Lembang menjelaskan perlunya istilah lokal dan nama ilmiah agar pemahaman bersifat universal. Beliau mengajak kami memperhatikan perbandingan antara lingkar batang yang merambat dengan lingkar buah labu kuning. Bagaimana batang yang tidak terlalu besar, kuat ‘diganduli’ buah dengan ukuran dan bobot lumayan. Yah semuanya dari berlatih dan beradaptasi mulai dari buah berukuran kecil hingga siap panen yang secara bertahap meningkatkan kekuatan batang.

“Begitupun dalam keseharian penyelesaian tugas nyantrik kalian, ilmu berlatih dan beradaptasi ala batang labu kuning niscaya membuahkan hasil yang diimpikan” petuah kalem yang direspon dengan manggut-manggut dan dengung kesepakatan kami pendengar beliau.

Kini buah labu kuning marak diminati, pengetahuan fungsi kandungan beta karoten dalam labu menjadi daya tariknya. Buah labu yang diiris, setengah dikeringkan agar tidak terlalu berair yang kemudian dikukus jadi cemilan sehat. Aneka penganan olahan labu kuning juga marak dijajakan oleh UKM di daerah penghasilnya. Kekuatan informasi mendongkrak posisi ekonomi labu kuning.

Kembali mengamati kekuatan batang labu berlingkar ramping ini. Kita bisa mengadopsi pembentukan kekuatan alaminya. Apalagi dengan pemaknaan yang disangga bukan beban namun berkah besar yang bermanfaat bagi semua pihak, tumbuh kesukacitaan dan daya dukung batang akan semakin kuat. Kuning keemasan buah labunya mengait kenangan dongeng masa kecil kami, labu dalam kisah bawang merah bawang putih. Labu penguji kesederhanaan hati versus ketamakan. Terima kasih labu kuning selain nilai ekonomi dan gizi, ternyata ada pembelajaran lain dari batangmu, inspirasi dari kebun.

Postingan terkait Milang Lembang
Milang Lembang
Amazing Farm, pabrik sayur di Cikahuripan Lembang
Bunga Parongpong, Di Dusun Bambu Kita Bertemu….
Lembang Floating Market: Membingkai Pesona Situ Umar
Semalam di (Cikole) Jayagiri (Resort) Lembang
Belajar dari Labu Kuning (Cucurbita moschata)

 

Iklan