Tag

, , ,

ATjG: Pesona Kota Dahlia

DahliaKecantikan Dahlia (the flower of majestic) kembang gunung ini tiada taranya. Aneka warna, susunan dan bentuk serta ukuran mahkota bunganya sangat variatif. Dengan teknik hibridisasi dihasilkan varian warna bunga yang tidak hanya satu warna namun aneka kombinasi cantik. Melihat kecantikan dahlia aneka warna di lambah Ngarai Sianok, tukang kebun bersama Uni Bening tak mampu menahan diri untuk meraba dan mengabadikannya.

Tanaman tahunan penyuka iklim sejuk ini mengandalkan pada kekuatan umbi penyimpan kehidupan untuk bertahan, ada masa-masa sulit yang menyebabkan bagian atas tanaman lesah, umbi seolah tidur dan akan bertunas kembali saat keadaan lingkungan mendukung. Kearifan lokal untuk bertahan tanpa harus konfrontasi sehingga tetap eksis. Alam takambang jadikan guru …….

Dahlia Ngarai Sianok

Dahlia Ngarai Sianok

Kecantikan dan kecerdikan Dahlia ini dilekatkan pada kota Bukittinggi, kota wisata, Bukittinggi the City of Dahlia. Selain kecantikan tampilan, kecocokan iklim dan daya pikat wisata, saya yakin ada kearifan Dahlia yang diserap dan hendak diteladankan oleh Kota Bukittinggi.

Umbi Dahlia dan Budaya Nadi Bukittinggi
Umbi merupakan bagian tumbuhan yang berada di dalam tanah menyerap sari bumi, dia tidak tampak namun sangat penting sebagai tempat berjangkarnya tumbuhan. Kehidupan tumbuhan bergantung pada kekuatan umbi. Senada dengan tumbuhan, kehidupan masyarakat yang kompleks juga bertumpu pada kekuatan sendi budaya yang mengakar. Budaya penciri Bukittinggi menjadi ‘umbi’ semarak kehidupan masyarakat, budaya luhur yang menjadi nadi kehidupan. Setiap upaya pelestarian budaya menjadi asset penguatan ‘umbi’ agar tidak tawar ataupun tergeser oleh pengaruh perubahan dari luar. Fakta begitu banyaknya tokoh negeri yang berasal dari Bukittinggi menunjukkan betapa tinggi kualitas ‘umbi budaya’ yang menghidupi masyarakat.

Umbi Dahlia dan Bukitinggi Kota Perjuangan
Salah satu bentuk pengakuan keunggulan Kota Bukittinggi adalah dipilihnya Bukittinggi sebagai ibukota Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) maupun ibu kota Propinsi. Perhatian pemerintahan penjajah sejak jaman Belanda maupun Jepang juga meninggalkan asset benteng Fort de Kock maupun lubang Jepang. Bangunan bersejarah Rumah Kelahiran Bung Hatta, istana Bung Hatta menjadi jejak Bukittinggi Kota perjuangan. [baru menatap istana Bung Hatta dengan sorot wajah ingin dan memotretnya dari balik pagar, bersyukur eMak Bundo LJ membawa kami ke RKBH]

Jam Gadang dan Istana Bung Hatta di Bukittinggi

Jam Gadang dan Istana Bung Hatta di Bukittinggi

Mahkota Dahlia
Kekuatan ‘umbi’ budaya dan sejarah perjuangan Bukittinggi tak pelak menghasilkan mahkota dahlia yang cantik secara alami. Aneka bangunan bersejarah, keelokan alam ibarat mahkota dahlia. Pemandangan sepasang arga Singgalang dan Marapi, Ngarai Sianok bagian bagian dari asset mahkota dahlia yang tiada dua. [Meski saat kunjungan kecantikan mahkota dahlia ini tersaput debu asap oleh kemacetan lalu lintas.]

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok dari Taman Panorama

Merawat kebun Dahlia
Anugerah umbi dan mahkota dahlia cantik perlu disyukuri dengan perawatan yang sungguh dan bertanggungjawab. Menjaga agar umbi tidak membusuk, ada saatnya mengendalikan ulat pengganggu tampilan dahlia. Alam takambang jadikan guru, keteladanan umbi dan mahkota cantik dahlia semoga senantiasa menginspirasi pemangku kepentingan dan masyarakat Bukittinggi sehingga berkah dahlia lestari dan menebar keindahan bagi siapapun yang diperjumpakan. Selamat terus berbenah kota Dahlia …..