Tag

, , ,

Bertanam Iris Hollandica di Salatiga

Toko bibit bunga di Keukenhof

Sahabat kebun Rynari, pada postingan aneka bunga musim semi saya menuliskan membawa umbi yang ditanam di Salatiga yaak. Ini cerita kelanjutannya. Usai keliling menikmati kebun bunga di Keukenhof, Belanda pastinyalah ya mampir di toko oleh-oleh. Huuu kepengin sekali membawa tulip yang sudah tumbuh di pot dan menunggu akan mekar, namun mengingat ukuran dan masalah karantina, niat diurungkan. Pindahlah melihat kantong-kantong umbi cantik. Niatnya membeli umbi Narcissus eh ternyata yang terbeli bunga iris yaitu Iris hollandica.

Bunga iris adalah bunga nasional negara Perancis. Berguru menanam bunga iris, kemana lagi? Pastinya saya menengok rumah maya Jeng Nella. Weladalah hati dan semangat menciut karena Jeng Nella menuliskan tentang bunga-bunga musim semi yang gagal diantaranya bunga Iris hollandica. Saya yakin Jeng Nella sudah berhasil mengatasi kesulitan tersebut dan aneka bunga cantik menghiasi kebun balkon yang mengundang decak kagum kami pembacanya.

Kantong umbi bunga iris segera berpindah tangan kepada teruna kebun yang rajin bertanam dan menjadi produsen benih bunga yang diekspor. Bulan Mei mulailah ditanam di daerah Ngablak lebih dari 1000m dpl dengan hawa sejuk yang semoga mirip dengan habitat aslinya di musim semi jelang musim panas.

Tanaman iris tumbuh 22 Mei 2017

Tanggal 22 Mei 2017 mendapat WA dengan foto tanaman iris yang mulai tumbuh. Luar biasa dari sekantong umbi isi 10 tumbuh semua. Jaminan mutu yang sangat menjanjikan dari produsen umbi bunga iris. Media tanam yang digunakan adalah campuran tanah dengan sekam untuk menjamin ketersediaan air dan udara.

Iris Holland Ungu mekar di Ngablak

Selang 2 bulan kemudian, 13 Juli 2017 kembali mendapat kiriman foto…ibu, tanaman iris sudah berbunga…duh senangnya dengan warna ungu nan cantik. Teruna kebun mengatakan akan mengantar tanaman yang sudah mekar dan berkuncup biar bisa dinikmati di Salatiga. Saya sudah berusaha mencegahnya, mengingat Salatiga kurang dingin (560m dpl). Sudah senang melihat bibit eh umbi dari Belanda mampu tumbuh dan berbunga.

Iris Holland dengan kuncup menggembung

Tetap saja mendapat hantaran 4 polibag tanaman iris dengan kondisi 1 polibag mekar sempurna berwarna ungu dan 3 polibag terlihat kuntum calon bunga yang penuh. Bahkan salah satu polibag terlihat induk plus anakan, wah asik bisa memanen umbi saat kelar berbunga.

Iris Holland…anakan

Calon bunga iris Holland

Tanda-tanda gagal aklimatisasi mulai terlihat. Bunga ungu mekar cantik tak bertahan lama. Foto tertanggal 16, 17 dan 18 Juli menunjukkan kemunduran menjadi layu. Sementara harapan ditumpukan pada mekarnya calon bunga berikutnya.

Iris Holland bunga ungu mulai layu

Kondisi tanaman kian mengenaskan, foto tanggal 24Juli menampakkan gejala menguning hingga mengeringnya ujung daun dari tanaman yang semula segar. Seluruh polibag menunjukkan gejala yang sama. Hiks calon bunga yang urung mekar.

Iris Holland ujung daun menguning

Kuntum iris urung mekar

Nampaknya sekantong umbi iris hollandica yang dibeli terdiri dari aneka warna, karena tg 28Juli saya mendapat kiriman foto iris kuning yang mekar di kebun Ngablak. Secara keseluruhan tanaman mampu beradaptasi di daerah yang dingin diatas 1000m dpl, daun lebih sempit dibanding tanaman iris kuning yang banyak dijumpai di sini.

Iris Holland kuning

Iris Kuning berdaun lebar yg adaptif tropis

Sungguh tidak tega melihat tanaman yang semakin merana, bahkan dari satu polibag terlihat pangkal batang yang patah, namun masih berhasil mempertahankan keutuhan umbinya, semoga bisa disimpan dan ditanam ulang. Akhirnya tanggal 11 Agustus seluruh tanaman dievakuasi kembali ke atas yang lebih dingin semoga mampu bertahan. Minimal kami telah mendapat pengalaman menumbuhkan iris hollandica dan berhasil mekar ungu dan kuning. Terima kasih ya Sada, teruna kebun yang berhasil mencoba menanam bunga dari daerah subtropis juga Panji yg mengevakuasinya.

Nah inlah sahabat kebun, pengalaman dengan iris hollandica. Sahabat berkenan berbagi resep atau pengalaman aklimatisasi tanaman dari daerah dingin ke daerah sedang? Salam berkebun.

Iklan