Tag

, , , , ,

Milang Lembang 2

Amazing Farm Lembang…

Merupakan pengulangan perjalanan bersama teruna kebun dua tahun lalu di tahun 2015. Setiap perjalanan memiliki ceritanya meski namanya pengulangan, ada tujuan kunjungan yang sama ada yang baru. Penyusunan itinerary hasil modifikasi dari rangkuman Milang Lembang sebelumnya. Postingan ini sebagai catatan ringan rangkuman kunjungan kami ber 15. Perjalanan dimulai diakhiri malam hari di perjalanan, atau bahasa kerennya 2D3N dengan menginap 1 malam.

HARI 1. Berangkat lepas pk 20an dari Salatiga dengan 1 kendaraan cateran, 14 penumpang plus driver total 15 personil. Perjalanan cukup lancar dengan sesekali mampir di rest area. Melalui tol Cipali kami keluar dari Subang lalu mendaki kaki G. Tangkuban Perahu.

HARI 2. Mengawali hari dengan mencari tempat rehat sejenak mandi pagi dan beberes. Memasuki gerbang Ciater untuk menikmati mandi air hangat sayang sekali tidak terpenuhi, petugas belum dapat melayani karena belum jam buka. Alternatif selanjutnya yook ke Terminal Grafika Cikole yang pernah kami kunjung sebelumnya. Yuup saatnya bersiap diri.

Terminal Grafika Cikole

Desa Bunga Cihideung. Saatnya belajar mendapat gambaran bisnis tanaman hias di Desa Cihideung, Kecamatan Parongpong, Bandung Barat. Bisnis yang menjanjikan kesejahteraan pelakunya. Kamipun berbunga-bunga di Cihideung.

Desa Bunga Cihideung

Rumah Mode Jl Setiabudi Bandung. Ada saat belajar ada saat dolan itu moto kami. Seperti biasa saya tidak terlalu betah belanja, saat keluar loh beberapa teruna kebun ngumpul. ’Ibu kami batalkan ke 3D art ya, kan bisa di kota lain, kami ingin mengenal suasana Cihampelas yang khas Bandung sokur bisa ke alun-alun’ Berunding dan mengumpulkan pasukan yuk capcus ganti tujuan.

Rumah Mode Bandung

Cihampelas dan Teras Cihampelas. Melepas teruna kebun mengeksplore jalan Cihampelas, kami emak kebun jalan yang dekat-dekat saja. Mas Tengah berkabar jangan lupa cicipin Teras Cihampelas yang baru ngehit.

Teras Cihampelas

Rumah Produksi Tahu Susu dan Rumah Sosis Lembang. Macet puol padahal hari kerja disambung hujan deras, kami ubah haluan menikmati alun-alun Bandung dengan kembali mendaki ke Lembang. [Keinginan berhenti sejenak menikmati gedung rektorat UPI vila ISSOLA, kandas oleh hujan deras, pemanggil lain kali datang lagi saja] Ngepos di Rumah Produksi Tahu Susu dan Rumah Sosis Lembang, aneka UKM dari rempeyek tahu, tahu susu, aneka sosis, aneka olahan pisang hingga factory outlet.

Tahu Susu Lembang dan UKM

Penginapan di Hotel Pesona Bamboe

Makan malam tersedia di sepanjang jalan Raya Lembang sekitar hotel. Mau di resto Mandarin atau aneka saung, mengudap colenak khas Bandung yang yummy.

HARI 3. [Mengawali dengan kunjungan ke Lembah Karmel OCD, Cagar alam Junghuhn, Hatur nuhun Aki Junghun dan Observatorium Bosscha sebelum kunjungan teragendakan]

Lembah Karmel Lembang

PT Momenta Agrikultura Amazing Farm. Saatnya belajar agribisnis sayuran yang berorientasi pasar dengan pendekatan pabrik sayuran modern di Cikahuripan. Banyak sekali perubahan tampilan dibanding kunjungan kami sebelumnya, baik dari aspek fisik maupun perubahan teknologi. Semuanya diarahkan pada efisiensi usaha dan peningkatan kualitas hasil. Tak kalah dengan konsep vegetable factory di negara maju.

Teknologi efisiensi produksi Amazing Farm

Bonus kunjungan pepotoan di pusat bisnis anggrek terutama anggrek bulan di perjalanan balik, masih di sekitar Amazing Farm

Bisnis anggrek bulan

Farmhouse Lembang. Pertanian terpadu, produksi dan agrowisata.

Rumah Hobit Farmhouse Lembang

Kebun Begonia. Rekreasi dan menyerap inspirasi menata kebun dengan elok sebagai pusat edukasi dan wisata juga ramah bagi lansia.

Kebun Begonia Lembang

Istirahat sore di RM Tahu Sumedang.

Perjalanan balik dan melemaskan otot punggung seraya makan sangat larut malam di alun-alun Kota Pekalongan.

HARI 4. Tiba di rumah hampir pk 6 pagi hari.

Catatan: milang adalah bertanya atau berkunjung dari pintu ke pintu. Memadukan perjalanan pekerjaan dan menikmatinya.

Iklan