Tag

,

Syukur atas Bunga Mawar…

Mawar....salem dan soft purple

Mawar….salem dan soft purple…si cantik Cihideung

Sahabat kebun rynari suka akan bunga mawar? Saya suka sekali, entah menikmati di kebun tetangga maupun mencoba menanamnya. Aneka rasa saat menikmati bunga mawar, terasa keindahan, keanggunan, kebersahajaan, ada yang bilang mawar tanda cinta, sebagian digunakan sebagai perlambang duka, ada kekaguman bagaimana duri mawar menjaga kelopak mawar yang lembut serasa mawar berduri.

mawar yang rajin berbunga di pojokan rumah

Tukang kebun abal-abal pernah mencoba menanam aneka warna maupun ukurannya. Seingat saya pernah mengembangkan si kuning, putih, merah, kombinasi, motif batik maupun hitam. Walah jadi taman mawar dong, lah enggak lah menanamnya juga tidak serempak dalam rentangan warsa, pun tidak di hamparan cukup di pot atau spot pojokan saja.

Mawar putih.....dulu lebat dan rajin berbunga

Mawar putih

Selalu berhasilkah? Nggaakkk… begitu sering gagal. Tanaman berkudup dari pedagang bunga yang umumnya dijual dalam polibag dengan media sekam padi saat dipindahtanamkan segera mekar. Beberapa mampu bertahan hingga bunga generasi berikut dan berikutnya. Beberapa nampak layu merana dengan masalah semut merah di bagian perakaran.

Mawar…..jualan pedagang Cihideung

Mengapa sih suka bertanam mawar? Sstt alasannya sederhana saja, sebagai tukang kebun yang malas saya kurang telaten dengan tanaman semusim yang sekali panen harus bongkar. Semisal bunga petunia, sayuran selada, kangkung dan sebangsanya, inilah alasan pralon pot kadang mangkrak karena tidak sempat mengganti tanaman. Apalagi rakitan hidroponik, sementara belum dulu menunggu membangun kesabaran bertanam. Lah kalau bertanam mawar, senjatanya gunting saja. Lho koq? Begitu bunga gugur kita siap gunting tangkainya, tabur pupuk, sesekali digemburkan medianya dan mawar akan siap berbunga untuk periode berikutnya.

Melihat kuntum mawar serasa mendengar alunan lirik..

              Syukur atas bunga mawar, harum, indah tak terp’ri.
              Syukur atas awan hitam dan mentari berseri.
              Syukur atas suka-duka yang ‘Kau b’ri tiap saat

Bersyukur atas bunga mawar simbul keindahan, kemudahan, sukses pada umumnya ….. mungkin tidak terlalu sulit, segera mulut mendaras betapa indah ciptaanMu, ku bersyukur ya yang Maha Pencipta. NikmatNya tak hanya mentari berseri, awan hitampun merupakan bagian dari berkatNya. Awan hitam mengirim air hujan dan habis hujan tampak pelangiNya, sinar mentariNya membiaskan keindahan kristal air hujanNya. Untuk mempersembahkan bunga mekar, mawar perlu siraman air, pergantian antara mentari bersinar dan awan hitam. Suka-duka wujud nikmatNya tuk menggembleng kita dalam proses belajar bersyukur. Melihat sekuntum mawar bagaikan sekolah kehidupan untuk belajar bersyukur. Tidak selalu mudah, seperti pokok mawar yang sering roboh karena semut merah di bagian akar. Begitupun, banyaknya ‘semut merah’ yang menggerogoti akar pokok mawar syukur kita.

Mawar merah hitam masih rajin berbunga

Mawar merah hitam

Eh lirik tersebut masih ada kelanjutannya ya..

Syukur atas keluarga penuh kasih yang mesra
Syukur atas perhimpunan yang membri sejahtera.
Syukur atas kekuatan kala duka dan kesah..Syukur atas pengharapan kini dan selamanya

Merah putih mawar...sebagian tinggal cerita dan foto

Merah putih mawar

Laiknya bunga mawar yang semakin merona saat tumbuh dalam kumpulan kerabatnya. Betapa keluarga menjadi inspirasi syukur yang tiada habisnya. Keluarga inti, keluarga besar, keluarga pekerjaan, keluarga kehidupan bermasyarakat. Terhubung dan menjadi bagian keluarga adalah anugerah yang luar biasa. Tak kan pernah individu dibiarkan berjalan sendirian, perhimpunan yang menyejahterakan. Menjadi kekuatan besar saat duka mendesah, saat awan hitam terasa menebal. Setiap bagian ambil peran dalam pemeliharaan kasih yang mesra. Menjadi pujian syukur atas pengharapan kini dan selamanya. Pengharapan….meletakkan diri pada rencanaNya, diubahkan seturut dengan kehendakNya. Puji syukur atas karunia ‘kebun mawar keluarga’ dalam kehidupan kami. Peluk mawar…..

Syukur atas bunga mawar…