Tag

,

Ekspresi Viola

Viola...namaku....

Viola…namaku….

Memasuki rumah kaca berukuran raksasa di kebun sahabat, saya merasa memasuki desa liliput. Mahkota mungil menyembul dari kerimbunan daun saling berlomba menyapa ada yang seperti melambaikan tangan, senyum dikulum dan aneka ekspresi. Kadang juga terlihat sebagai fauna semisal misai kucing, ada yang lebih menyerupai si monkey lucu… Saat menyentuh mahkotanya seolah mereka menyapa, haiii kami viola…..

Viola aneka ekspresi

Viola aneka ekspresi

Inilah tampilan bunga Viola dari genus Viola yang berasal dari Eropa dan Asia dan kini menyebar ke seluruh penjuru dunia. Bunganya umumnya berwarna gradasi ungu ke putih namun dengan teknik pemuliaan kini dijumpai aneka warna hingga maroon pun kuning. Aroma harum bunga sifat aromatiknya menenangkan. Wujud daunnya cantik seolah bergerigi. Keberadaan geragih alias stolon sebagai sarana berkembang biak.

Viola warna-warni

Viola warna-warni

Di kebun sahabat yang memproduksi benih Viola aneka warna, para wanita perajin bunga menampung serbuk sari dan menyerbukannya pada butik bunga pasangannya. Sekian luas hamparan dengan produksi benih melimpah pesanan buyer Jerman maupun Amerika Latin. ‘Kami serasa penjahit lokal yang busananya di gelar di butik internasional’ demikian canda sahabat kebun yang menjadi sahabat sekitar 400an mbak ibu perajin kebun.

Viola mempercantik trotoar

Viola mempercantik trotoar

[Menikmati hamparan Viola ini mengingatkan saya pada trotoar pejalan kaki di RT sebelah yaitu RT Tirai Bambu. Saat menunggu para sahabat shopping di deretan mall, kami penikmat jalan dihibur oleh bebungaan aneka warna di setiap basal pohon, diantaranya barisan bunga kuning yang semula saya duga sejenis kacang tanah hias eh koq wujudnya berbeda dan ternyata dialah Viola si kleting kuning]

Viola kuning menyegarkan pejalan

Viola kuning menyegarkan pejalan di RT Tirai Bambu

Selain mempersembahkan kecantikan mahkotanya, Viola ini juga memiliki khasiat medis. Pesonanya juga dikaitkan dengan mitos Athens dari Yunani kuna. Terima kasih Viola meramaikan bursa tanaman hias dengan wangi lembut dan aneka ekspresinya.