Tag

, , , ,

Menggapai Skybridge…

Salah satu alasan kuat mendaki Machinchang dengan skycab adalah menikmati Langkawi skybridge yang kawentar. Aneka foto cantik bertebaran. Pun ulasan pembangunan jembatan gantung lengkung dengan teknologi tinggi Switzerland. Paduan teknologi tinggi di tengah alam rimba Langkawi, jembatan ditopang oleh satu pilar utama raksasa dengan beberapa tali baja penyangga. Betapa sedikit hutan yang dibuka, alam hampir tak terusik.

Langkawi skybridge

Langkawi skybridge, pesona lengkung menggantung

Mencari jalan turun ke jembatan dari top station berjumpa dengan loket, ternyata jalur ini tidak termasuk dalam paket terusan. Dari 21 peserta dalam grup, kami ber 5 merogoh kocek @ 5MYR untuk tiket tambahan. Saat kami bertanya ancar-ancar jarak, dijawab “Anda hanya perlu tracking sekitar 10 menit sekali jalan” Hah…tracking….di medan belantara Machinchang, selama ini tidak pernah atau melewatkan membaca tulisan tracking menuju jembatan cantik ini. Dengan saling menguatkan bersesanti kompor inilah landmark Machinchang kami merayap menuruni tangga dari tangga putar, bersambung tangga tanah, kayu hingga batu. Dua menit tracking, salah satu dari kami ber 5 undur diri….yook ach perlahan menggapai skybridge.

Watch your step..mind your head .... tracking to skybridge (thx to Monic's fam)

Watch your step..mind your head …. tracking to skybridge (thx to Monic’s fam)

Mendengar nafas ngos-ngosan beberapa wisatawan muda, wajah lelah namun rona wajah puas dari pelancong sepuh yang berpapasan, membuat kami tidak perlu bertanya tentang medan. Penanda watch your step….mind your head…cukup mengingatkan kami agar cermat hati-hati melangkah, berbagi jalan antara pelancong yang menuju dan yang balik dari jembatan pada satu jalur. Kerjasama dan saling tenggang rasa diterapkan.

Karang menjulang bukti pengangkatan dasar laut

Karang menjulang bukti pengangkatan dasar laut

Peluh yang mengucur terbayar lunas saat kami menggapai skybridge yang tergantung antar puncak anak gunung….  Tracking to hanging…. Menggantung…melengkung sepanjang 125m yang diakui sebagai jembatan gantung lengkung terpanjang di dunia saat ini. Melepas lelah sambil mengganti cairan tubuh pastilah dilakukan melalui bidik kamera. Terlihat karang tegak menjulang tempat sky cab top station berjangkar, kekuatan maha besar pengangkatan dasar laut.

Skybridge - Andaman Sea

Skybridge – Andaman Sea

Sky cab middle station...from skybridge

Sky cab middle station…from skybridge

Birunya laut Andaman…..mata membujuk gugusan yang kecil di sana adalah bagian dari pulau kecil di Thailand Barat Daya….. Berputar menikmati Samudra Hindia dengan Pantai Kok melatar skycab middle station ….

Andaman Sea from skybridge

Andaman Sea from skybridge

Mengagumi bagaimana baja dan hutan berpadu pengaguman teknologi ditengah dukungan alam….

Hayooo tidak terlalu lama kami harus kembali, sangat menyadari standar waktu 10 menit sekali jalan alias 20 menit pp pastilah membengkak dengan kecepatan jalan kami yang dibawah standar.

Pembangunan jalur puncak-jembatan (tanpa tracking)

Pembangunan jalur puncak-jembatan (tanpa tracking)

Bagi pembaca yang merencanakan kunjungan ke Langkawi, khususnya skycab Machinchang ini bonus berita  menyenangkan. Saat ini sedang dibangun jalur langsung dari puncak ke jembatan, sangat pendek dan tidak perlu tracking, jalur bersisian terpisah antara pelancong yang menuju ke dan kembali dari jembatan. Saya bayangkan pada saatnya akan ada pengaturan kapasitas jembatan demi keselamatan bersama mempertimbangkan daya dukung jembatan. Bila saat ini terasa bebas karena pelancong nekad merambat menggapai skybridge belum terlalu banyak.

istirahat sejenak...amati flora warisan zaman kambrium yook

istirahat sejenak…amati flora warisan zaman kambrium yook

Saatnya kembali ke puncak…melangkah pelan, sesekali memotret amatan flora warisan zaman kambrium yang beradaptasi dengan zaman kini yang relatif belum terusik di habitat aslinya. [menurut catatan ukuran individu flora lebih kecil namun saya gagal paham lebih terasa ngos-ngosan menanjak saja hehe]

Yes…I’ve done…demikian seruan sesama pengunjung saat sampai di atas. Menggapai Skybridge…tracking to hanging

Turun tangga-naik eskalator

Turun tangga-naik eskalator

Mengabadikan sejenak tangga yang saya perkirakan untuk turun menuju ke jembatan, bersisian dengan jalur escalator (kah?) untuk arus kembali. Mari perhatikan dengan seksama rapihnya pengerjaan proyek ini tidak nampak pembongkaran lahan yang menelantarkan tumbuhan alami hutan rimba Machinchang ini. (Terima kasih Monic dan keluarga, sahabat pembolang nekad hingga menggapai Langkawi skybridge, semoga jumpa di petualangan berikutnya ya)

*Kelok Sembilan di SumBar tak kalah elok dengan titian gantung ini….*