Tag

,

Peyek Daun Stroberi

peyek daun stroberi-1

peyek daun stroberi

Peyek alias rempeyek ataupun cenggereng dimasa lampau adalah sejimpit teri, udang ataupun kacang-kacangan (kacang tanah, kacang hijau maupun kedelai) bersama jladrenan tepung beras yang digoreng kering tipis. Kesan tentang peyek adalah rowa (bulky), ringan, gurih dan renyah. Kini bahan dasar peyek makin beragam ada bayam, sledri, daun singkong bahkan daun stroberi.

Peyek daun stroberi ini saya dapatkan di Inggit Strawberry di ds Banyuroto, Sawangan Kab Magelang persis sebelum gerbang kawasan agropolitan Merapi-Merbabu dari arah Kaponan tidak terlalu jauh dari gardu pandang Merapi-Merbabu di Ketep Pass. Hamparan tanaman stroberi ditanam dalam polibag eh kantung karung dengan buah merah oranyenya menjuntai dari tepian karung. Pengunjung dapat menikmati sensasi panen memetik sendiri stroberi sesuai keinginan, ataupun langsung membeli buah terkemas dan aneka produk olahannya jus, dodol maupun peyek daunnya.

Inggit Strawberry

Inggit Strawberry

Menuju lokasi agrowisata stroberi dari arah Kaponan mata dimanjakan dengan keelokan sekaligus keagungan alam. Udara sejuk dari kawasan hutan pinus, hamparan tanaman sayuran dataran tinggi, punggung Merbabu nampak jelas, kemudian posisi Merbabu bersanding dengan Merapi serta menjulangnya Merapi yang kini tengah sibuk beraksi.

Kembali ke peyek daun stroberi, saya kagum dengan kreativitas perajinnya, bagaimana memanfaatkan rompesan daun hijau yang terlalu rimbun agar buah kebagian tempat menjadi produk yang bernilai ekonomi. Rasanya ….sedikit kasap dengan nuansa pahit khas daun…rasa subyektif untuk memenuhi penasaran. Sebagai sahabat lelembut (mikro organisme) tanah, secara pribadi lebih mengutamakan kuantitas dan kualitas produk utama yaitu buah stroberi, bagaimana sedulur tani mendapatkan berkah dari produk langsungnya serta produk turunannya agar buah stroberi yang mudah rusak ini tidak sia-sia. Sedangkan rompesan daun biar menjadi rezeki lelembut tanah melalui daur langsung maupun ternak yang pada gilirannya menopang kesuburan lahan petani stroberi.

Pesona rasa peyek juga mewakili kekaguman saya atas kepiawaian sahabat-sahabat yang mampu mengemas pesan/kesan melalui tulisan secara ringan, gurih, renyah, kemripik bergizi. Diperlukan ketrampilan meracik adonan/jladrenan maupun teknik menggorengnya. Belajar mengubah sajian peyek tulisan yang nggedibel (tebal, bantat, keras) bonus gosong melalui jalan-jalan menikmati tulisan para sahabat. Lah dari peyek malah merembet ke mana-mana, jadi gosong nih…. Selamat menikmati rempeyek di akhir pekan diiringi lagu iwak peyek……

Iklan