Tag

, , ,

Flora Rynari

Bila sahabat singgah di kebun Rynari akan disambut oleh tiga flora identitas kebun ini:

1. Flora Ry. Genus/marga Oryza padi-padian yang terdiri dari belasan spesies diantaranya yang terkenal adalah Oryza sativa atau padi yang menjadi sumber pangan penting di dunia. Di Indonesia komoditas padi juga erat berkenaan dengan budaya, simbol Dewi Sri sebagai simbol kemakmuran bangsa. Keteladanan dari ilmu padi yang makin berisi makin menunduk, untuk menggambarkan pribadi yang tahu bersyukur, anugerah ‘isi/kelebihan’ adalah karunia titipanNya sehingga makin membuatnya merunduk. Flora ini kami lekatkan kepada mbarep.

2. Flora Na. Adinandra, merupakan genus dari famili Theaceae. Terdiri dari beberapa spesies diantaranya adalah Adinandra dumosa atau pohon tiup-tiup. Menurut KBBI, pohon tiup-tiup adalah pohon yang kayunya biasa dibuat papan. Merupakan tanaman hutan sekunder yang mampu memperbaiki tanah terdegradasi. Sosok buahnya unik seolah-olah berparuhkan duri. Pengenalan lebih lanjut serta kedua gambar tersebut tersaji di sini. Flora ini kami lekatkan kepada tengah.

Penampang bujur batang Eriandra

Penampang bujur batang Eriandra (Styer, 1977)

3. Flora RiEriandra, merupakan genus dari famili Polygalaceae dan spesies yang disebut adalah Eriandra fragrans. Terbatas sekali ulasan mengenainya, apalagi menemukan gambarnya. Salah satu rujukan mengenainya, Eriandra, a New Genus of Polygalaceae from New Guinea, oleh P. van Royen dan C.G.G.J. van Steenis yang dipublikasikan di Journal of The Arnold Arboretum 33: 91-95 (1952). Tulisan berikutnya oleh C.H. Styer, dimuat di Journal of the Arnold Arboretum 58:109-145 (1977). Tanaman ini merupakan flora ekosistem hutan hujan di Papua Indonesia dan New Guinea. Sehingga tanaman ini tentunya memiliki nama daerah Indonesianya, hanya hingga saat ini kami belum membacanya. Flora ini kami lekatkan kepada ragil.

Tulisan ini memenuhi permintaan ragil, ungkapan syukur atas karuniaNya dwidasawarsa menceriakan keluarga.

Serial Jagoan: Trio, mbarep, tengah

Iklan