Tag

, , , , ,

Lobi di Kebun Kopi

Bagian dari serial kebun kopi, lobi atawa negosiasi di kebun kopi mengapa tidak? Pertemuan informal di lobi Banaran 9 resort ataupun resto Kampoeng Kopi kata sepakat didapat. Namun yang ini bukan lobi tingkat tinggi yang pasti pohonnya lumayan tinggi ….

Tanaman Lobi-lobi

Tanaman Lobi-lobi

Tanaman lobi-lobi atau Flacourtia inermis disebut rukam (Jawa), lubi-lubi (Minangkabau) merupakan tanaman asli Asia kini terasa langka karena populasinya menurun. Gambar di atas diperoleh di depan lobi Banaran 9 resort.

tanaman buni

Tanaman Buni

Berikutnya adalah tanaman buni atau Antidesma bunius (L.) Spreng disebut wuni (Jawa), huni (Sunda), Bignay (Filipina, Inggris). Duluuu kala saya suka bermain dan mencicipnya sambil kiyer-kiyer rasanya asam, warna buah dalam dompolan memanjang hijau, menguning lalu memerah cantik. Selain dikonsumsi untuk rujakan tanaman ini menurut sentra informasi IPTEK juga sebagai farmaka (tanaman obat) yang berkenaan dengan darah.

Tanaman duwet putih

Tanaman duwet putih

Tanaman duwet atau jamblang (Syzygium cumini), mengingatkan saat kanak-kanak mengocok duwet keunguan dengan sedikit garam, sebelum menikmati buah asam manis sepat ini dengan nikmat. Gugon tuhon mengajarkan garamnya untuk mencegah demit ikut termakan (karena tanaman duwet juga dikenal sebagai rumah demit hantu). Fungsi garam di sini mirip dengan penambahan garam saat mencuci nenas untuk mengurangi asam oksalat. Seorang sahabat kebun meneliti kandungan antosianin (pigmen keunguan) pada duwet dan fungsi antioksidannya. Kini buah jamblangpun kian langka, fungsi tanaman obat juga disandang oleh duwet dan duwet putih menjadi salah satu incaran.

Tanaman Malaka

Tanaman Malaka

Tanaman Malaka (Phyllanthus emblica) atau kemlaka (Jawa). Tanaman ini termasuk disucikan dalam agama Hindu dan menjadi komponen penting dalam pengobatan Ayurveda. Keempat tanaman langka tersebut ditemui di halaman sekitar lobi saat bermalam di kebun kopi. Ingin memperkenalkan tanaman langka secara langsung kepada buah hati?