Tag

, , ,

Suatu Sore di Polder Tawang

sore-di-polder-tawang

Sore di Polder Tawang

Berkali melintas di polder Tawang, namun hasrat menghampiri baru membuncah usai melihat foto Stasiun Tawang periode 1946 di Stasiun Bojonegoro saat tilik Mas Ragil. Terlihat di foto, halaman stasiun yang sangat luas, halaman sebagai ruang terbuka guna keperluan olah raga maupun upacara. Kini halaman tersebut tak terlihat lagi digantikan dengan kolam yang biasa disebut polder Tawang.

lapangan-di-depan-stasiun-tawang-1946-foto-dari-foto-di-stasiun-bojonegoro

Lapangan di depan Stasiun Tawang 1946 (Foto dari foto di Stasiun Bojonegoro)

sore-di-polder-tawang-berlatar-kubah-stasiun

Sore di polder Tawang berlatar kubah stasiun

sore-di-polder-tawang-berlatar-kota-lama

Sore di polder Tawang berlatar kota lama

Untuk pemeliharaan aset sejarah hijau muda di kota lama dari ancaman rob yang semakin menyeruak ke pedalaman, jelang tahun 2000 dibangun polder, kolam pengaman rob persis di hadapan stasiun Tawang.

rob-semarang

Semarang bawah dan rob

Untuk pengaturan muka air dipergunakan pompa dan pintu air

pintu-air-polder-tawang

Pintu air polder Tawang

polder-tawang

Polder Tawang

Kehadiran polder Tawang secara ekologis diharapkan menyerap rob di Kota Semarang bawah. Polder yang dirancang estetis ini tidak serta merta memperindah kota, ada masa genangan ini penuh dengan sampah seolah menjadi TPA tiban, kombinasi sampah dan air menggenang pastinya menghadirkan bau menyengat dan pemandangan eneg. Bersyukur kolaborasi gerakan komunitas dengan dukungan pemerintah bersehati bebersih polder, menebar benih ikan dan kini menjadi sarana olah raga dan rekreasi mancing. Tentunya dukungan semua komponen untuk menjaga kebersihan sangat dibutuhkan.

polder-tawang-mari-jaga-kebersihan

Polder Tawang, mari jaga kebersihan

polder-tawang-dan-rob

Polder Tawang bagian pengelolaan rob

Iklan