Tag

, , , ,

Parade Kuncup Phalaenopsis Memekar

Parade kuncup anggrek bulan

Bulan Februari penuh warna, peneguh setiap hari mempersembahkan keindahannya sendiri. Nah teras kebun rynari pada bulan ini juga penuh warna, dari pot pojokan menyembul 6 pot phalaenopsis mempersembahkan bunga anggrek bulan warna-warni. Mulai dari si putih berkelopak besar, si ungu muda, ungu cerah, ungu totol, kuning cerah hingga kuning bertotol coklat.

Parade anggrek Feb 2018

Tentunya mekarnya bunga tersebut tidak bersifat instan, simsalabim muncul aneka warna. Semua melalui proses. Bulan Januari adalah parade kuncup, setiap tanaman menyembulkan kuncup yang membesar dari tangkai bunganya.

kuning cerah berkuncup

kuning totol coklat berkuncup

Putih berkuncup

Emak kebun penyuka tanaman, eh namun kurang rajin bercocok tanam, maka pilihannya adalah jenis tanaman yang memerlukan pemeliharaan minimal dan masa menikmati hasil bunga yang panjang atau lama. Pilihan jatuh pada tanaman anggrek, rasanya tidak ada tanaman lain yang masa mekarnya bunga bisa selama tanaman anggrek. Mulai dari mekarnya kuncup pertama hingga semua kuncup mekar hingga kemudian satu persatu layu dan gugur, bisa lebih dari 2 bulan.

Ungu cerah merona

Ungu muda berkuncup

Belum lagi usai tangkai bunga dipotong terkadang segera mempersembahkan bunga susulan yang biasanya ukuran kelopaknya sedikit lebih kecil. Sebagai contoh bunga aggrek bulan ungu totol ini buah tangan dari sahabat kebun di bulan Desember, eh bulan Februari sudah mempersembahkan kuncup baru memekar dengan tandan lumayan panjang.

Ungu totol mekar di Des 2017

Ungu pola totol berkuncup Jan 2018

Tandan ungu bintik Feb 2018

Anggrek Bulan dengan nama ilmiah (Phalaenopsis amabilis) dtetapkan sebagai puspa pesona yang merupakan salah satu bunga nasional Indonesia. Bunga ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli botani Belanda, Dr. C.L. Blume. Anggrek bulan termasuk tanaman anggrek monopodial yang menyukai sedikit cahaya matahari sebagai penunjang hidupnya. Sehingga cocok ditanam di bagian pekarangan yang teduh, semisal di teras. Daunnya berwarna hijau gilap dengan bentuk memanjang.

Trio Ungu penyemarak teras

Nah untuk mempersiapkan tanaman berbunga tentunya perlu diperhatikan bagian daun sebagai pemasuk makanan bagi tanaman, serasa dapur yang mempersiapkan energi. Jumlah daun sekitar 4-5 lembar dengan ukuran maksimal cukup untuk memasok energi buat tanaman. Pemberian pupuk secara berkala bergantian antara pupuk kaya N dan pupuk pemacu pembungaan akan direspon dengan rajinnya tanaman berbunga. Bila emak kebun malas meramu pupuk, biasanya mbak Im di rumah mengingatkan sambil rajin guyur siram saja.

Putih berkelopak luar gurat pink purple

Menanam anggrek bulan dalam pot memang perlu agak repot eh memang secara berkala membutuhkan kegiatan repoting alias bongkar media. Media yang kami pakai campuran antara cacahan pakis dengan cacahan stereofoam/gabus bawaan dari pot awal. Tanaman ini suka kondisi lembab namun tidak suka terlalu lembab yang memacu jamur pada bagian akar yang menyebabkan busuk akar.

Parade anggrek bulan Jan 2018

Ingin sekali meniru Phalaenopsis kokedama, bertanam anggrek bulan dengan media moss yang diwadahi semacam jaring dan dibentuk membulat dengan model ala gantung seperti sajian Ibu Lois, medianya juga berfungsi dekoratif fungsional. Etapi emak kebunnya pemalas dan tentunya perlu latihan ketrampilan yang cukup. ….The moss balls are quickly to get dry, so for those who are busy, this method may not be suitable….. begitu tulis beliau, those who are busy saya maknai yang malas hehe, lah wong saya ya tidak busy koq… Padahal kami juga mudah loh mencari mossnya. Buat penyuka kebun, sila intip-intip sekalian menimba ilmu di blog kiyanti2008 bakalan tak beranjak menikmati kebun cantiknya.

Tanaman hias jenis apakah kesukaan sahabat?

Iklan