Tag

, ,

Partikel dan Hara dalam Lingkungan Hidup

Tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup. Salah satu komponen dari lingkungan hidup adalah partikel dan hara.

Partikel
Partikel menurut KBI online adalah unsur butir (dasar) benda atau bagian benda yang sangat kecil dan berdimensi; materi yang sangat kecil, seperti butir pasir, elektron, atom, atau molekul; zarah.
Partikel adalah judul buku karya Dee (Dewi Lestari) dan Zarah adalah pelaku utamanya.
Kita masing2 adalah partikel atau zarah (lah adakah ukuran partikel hampir seukuran gajah ini?). Bila diperluas lingkungan kita adalah bumi bagian tata surya, bagian galaxy Bima Sakti, bagian dari jagad raya, sehingga nyatalah bahwa setiap kita adalah zarah kehidupan.

Hara
Hara menurut KBI online adalah zat yang diperlukan tumbuhan atau hewan untuk pertumbuhan, pembentukan jaringan dan kegiatan hidup lainnya, diperoleh dari bahan mineral. Partikel yang mengurai menjadi hara penopang kehidupan.
Hara adalah adik Zarah dalam buku Partikelnya Dee.
Kita menjadi bagian dari ekosistem, bagian dari piramida energi kehidupan, sehingga tepatlah bila kita masing-masing adalah hara bila kita menjadi bagian dari sarana pertumbuhan dan kegiatan kehidupan. Hara memungkinkan kita hidup karena dihidupi dan untuk menghidupi. Setiap kita terangkai membentuk kesatuan lingkungan hidup yang utuh.

Duta
Zarah sebagai fotografer wildlife memaknai profesionalitas dirinya sebagai jembatan bagi orang banyak untuk mengenal rumahnya sendiri, bumi ini. Melalui setiap karya, setiap kita yang adalah zarah dan hara, bisakah menjadi sarana pengenalan bumi. We’re the ambassador of nature, sebagai duta alam hakekat kita adalah merepresentasikan alam, menjadi bagian alam sekaligus pengelola alam sebagai penanda amanat Agung penciptaanNya. Duta dikenal melalui karya, setiap kita terpanggil untuk berpartisipasi seberapapun kecilnya kontribusi kita dalam pemeliharaan sebagai cara memperingati hari lingkungan hidup.

Setiap kita adalah zarah, hara dan duta alam. Mari jaga lingkungan hidup kita (merespon tulisan Mas Alamendah dan diwarnai oleh Partikel karya Dee). Selamat Hari Lingkungan Hidup Tahun 2012

Iklan