Tag

, , , , , ,

Berbunga-bunga di Cihideung

Berbunga-bunga di Cihideung

Berkunjung ke taman atau kebun bunga alamak senangnya. Nah ini sebagian oleh-oleh kami saat berkunjung ke desa bunga. Desa bunga?….beneran bukan sekedar taman bunga. Desa Cihideung di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat ini dikenal sebagai desa bunga. Total luasan kebun bunga yang dikelola oleh pedagang tanaman hias ini mencapai 50 ha.

Bonsai Beringin Korea

Kunjungan berawal dari Jl Kol Masturi, kami punten masuk dan mohon aneka informasi dari pedagang tanaman hias dengan spesifikasi bonsai beringin Korea. Tampilan bonsai beringin Korea (Ficus coreana) ini  kekar sekaligus anggun. Harganya amboi….yang sedang saja mencapai 5 jutaan.

Saat para teruna kebun menggali informasi, hati saya berbunga-bunga karena dari kejauhan melambai bunda cantik menggandeng teruna remajanya. Sahabat ngeblog tinggal di Parongpong, pandai crafting, kebolehannya memainkan kamera apalagi coretan puisi yang melatarnya semakin menambah kita betah menikmati karya beliau. Tak salah lagi beliau adalah Jeng Dey dengan Aa Fauzan, ini pertemuan saya yang kedua setelah jalan bareng di Dusun Bambu 2 tahun silam. Nah sajian saya foto jeprat-jepret saja, sajian cantik ada di IG Jeng Dey hehe..

Tanaman hias Jl Kol Masturi Cihideung

Aneka kaktus

Aneka tanaman hias

Kamipun bergeser ke pedagang tanaman hias di sebelah kiri, beliau kenalan Jeng Dey, di kebun ini juga Jeng Dey mengajak sahabat ngeblog Jeng Tt dari Yogya. Deretan kios tanaman hias yang ditata dengan cantik, di lahan sewaan dari angkatan dan berlatar G. Burangrang di kejauhan. Memasuki rumah plastik berderet tanaman kaktus serta aneka tanaman hias lainnya. Perhatian kami tersita pada tanaman yang unik, pedagang menyebutnya Jenggot Dewa, sementara sahabat di Salatiga menjulukinya jenggot Musa. Spanish moss (Tillandsia usneoides) dari keluarga bromeliads tampil unik melambai tanpa daun bagaikan jenggot. Nah kalau sahabat pembaca rynari ingin belanja aneka Begonia sp terutama yang berdaun cantik, silakan mengunjungi kios ini lengkap koleksinya.

Jenggot Dewa

Koleksi Begonia sp. berdaun cantik

Menunda tawaran Jeng Dey untuk singgah di rumah dan penunjuk itu loh kawasan kebun teh, kandang kuda dan padang rumput tempat beliau mengajak para sahabat yang mampir di Parongpong, kami berpisah. ‘Lain kali ya Jeng Dey, semoga bisa mengkhususkan dolan bukan sekedar sambilan  tugas’ Kamipun melanjutkan perjalanan ke jl Sersan Bajuri masih di kawasan Desa Bunga Cihideung.

Pertigaan Sersan Bajuri-Kol Masturi

wanita dan Bunga

Augh cantiknya…amazing..seruan teruna kebun. Yook berhenti dulu… Sepanjang jalan Sersan Bajuri di sebelah kiri kanan jalan penuh dengan deretan taman bunga eh tanaman hias dengan aneka spesifikasinya, ada yang dominan anggrek, ada yang mengkhususkan diri pada teratai. Lahan usahapun bervariasi ada yang berjajar rumah plastik tak jarang berupa pajangan di lahan pekarangan sempit bahkan nyaris di teras rumah tinggal. Tak ada lahan yang tak didayagunakan secara efisien.

Bunga Kalanchoe

Kalanchoe… cantik nian kalanchoe pink ini, kebun rynari pernah menggelar kuis kebun dengan bintang kalanchoe kuning. Yup tanaman cocor bebek yang sangat mudah diperbanyak.

Bisnis tanaman hias yang menggiurkan

Ini salah satu pemandangan di kios pedagang tanaman hias. Pajangan aneka tanaman, hilir mudik pegawai yang merawat tanaman hingga teriakan pemilik memberi aba-aba pengepakan tanaman oleh pegawai hingga mengangkutnya ke kendaraan bak terbuka yang siap membawanya ke luar kota. Saat salah satu sahabat kebun nyeletuk sudut pengambilan gambar dari sini bagus hanya sayang terhalang oleh kendaraan pengangkut yang parkir, saya bilang lah di capture saja dengan narasi bisnis tanaman hias yang menggiurkan

Torenia wana-warni

Berikut adalah Torenia yang lagi naik daun. Aneka warna/i torenia hibrida dari torenia lokal berupa gulma yang hampir merapat di tanah karena pendeknya batang. Variasi torenia dari warna dasar putih, ungu dan pink menghadirkan aneka variasi kombinasi dan gradasinya.

Mawar….salem dan soft purple

Rombongan masih asik pepotoan, terlihat Aak sedang menyiangi mawar di teras rumahnya yang agak menjorok masuk dari jalan raya. Lembut sekali warna rose ini ada salem dan ungu yang sangat muda. Minta izin untuk mengambil gambarnya, diikat setiap 20 tangkai. Produksi dari kebun Cihideung untuk florist di Bandung dan Jakarta.

Mawar…..

Yang ini adalah tampilan mawar di polibag yang siap dijual. Mawar masih menduduki peringkat atas permintaan. Mawar tanda kasih, katakan dengan bunga slogan yang mendongkrak penjualan bunga mawar. Melihat mawar oranye merekah, ingatan melayang pada novel Mawar merah jingga karya Ike Soepomo..(hehe penanda angkatan jadul banget)

Kastuba oh pointsettia

Eits yang merah dan putih kuning muda di bagian pucuk itu bukan bunga ya, itu daun. Tampilan cantik kastuba alias poinsettia (Euphorbia pulcherrima). Kombinasi merah hijau segarnya mengingatkan pada warna natal sehingga ada yang menyebut christmas tree. Aslinya tanaman ini adalah tanaman hari pendek dengan lama penyinaran terbatas, nah untuk menyiasatinya sering tanaman dininabobokkan meski masih ada sinar matahari, tanaman dimasukkan ke ruang gelap atau ditutup kain hitam untuk memacu warna merah atau putih kuning muda di bagian pucuknya. Kebalikan ya untuk tanaman krisan potong di daerah tropis yang harus ditambah penyinaran saat sore jelang malam agar tangkai bunga cukup panjang dan tidak menjadi bunga krisan pot yang kompak. yup bertani adalah seni memanen dan mengelola sinar matahari anugerahNya.

Pelaku bisnis tanaman hias Cihideung

Tersirat dari percakapan bahwa bisnis tanaman hias tak selalu manis, ada saat permintaan dan transaksi luar biasa tinggi ada kalanya sepi. Infrastruktur jalanan yang sempit dan tingginya pengguna jalan mengingat jalur ini jalur alternatif Lembang, Bandung menghadirkan dualisme jumlah pembeli dan kondisi jalan.

Salvia merah..putih dan variannya

Salvia ungu…

Selama ini hanya mengetahui Bunga salvia yang memerah cerah, lah di Cihideung menjumpai varian merah cerah, ungu tua, kombinasi merah putih hingga warna peach tua. Hamparan Salvia merah membawa ingatan pada kesegaran Kebun Rumah Puisi Taufik Ismail di Padangpanjang.

Stop dulu ah…bicara kecantikan bunga tak ada habisnya. Datang yook ke Desa Bunga Cihideung ditanggung bakalan kerasan.

Iklan