Tag

, , , , ,

Refugia, Kembang di Pematang

Refugia kombinasi tagetes-kembang kertas di lahan bawang merah

Salah satu keuntungan mengunjungi pameran adalah menikmati rakitan teknologi baru dan kemasan sosialisasinya. Saat mengunjungi pameran Hari Pangan Sedunia (HPS) 2016, terlihat deretan kembang dengan warna-warni menyolok dan bau menyengat di berbagai pematang border hamparan tanaman. Ooh sedang digalakkan sosialisasi teknologi refugia.

Refugia sederhananya penanaman tumbuhan berbunga di pematang sebagai mikrohabitat, tempat berlindung dan sumber makanan berupa nektar bagi predator dan parasitoid selaku musuh alami bagi hama tanaman. Kembang di pematang sebagai upaya melestarikan musuh alami yang sahabat petani melalui sediaan tenaga sehingga mampu mengendalikan hama tanaman secara alami. Keseimbangan yang terbentuk diharapkan mampu menurunkan ketergantungan petani terhadap input pestisida.

Sosialisasi refugia di HPS 2016

[Ingatan masa kecil saya, begitu banyak kembang di pematang sawah dan ladang. Ng..ng…begitu banyak serangga beterbangan, kolaborasi antara musuh alami dan hama tanaman. Sungguh bertani bermitra dengan alam tanah dan iklim pun antar makluk, ada belalang, ulat, burung, ular, kepik, walang sangit dll. Setiap titah membutuhkan makanan, melalui keseimbangan setiap titah mendapatkan jatahnya dan petani tetap mendapatkan panenan yang menguntungkan. Kearifan lokal yang menjaga keseimbangan. Saat keseimbangan terganggu, dominansi salah satu kelompok menjadi kentara dan berujung dengan serangan pada lahan penanaman]

Refugia di lahan melon-cabe-bawang merah

Refugia pada lahan penanaman bawang merah, cabe dan melon digelar pada HPS 2016 ini. Kembang yang ditanam adalah Tagetes alias marigold dengan aneka mahkota dan warna semisal gold dan kuning cerah dengan mahkota tumpuk membulat. Juga dijumpai kembang kertas dari genus Zinnia. Bunga matahari juga dapat digunakan untuk refugia. Masing-masing kembang tersebut dapat ditanam secara monokultur sehingga menghasilkan deretan yang seragam ataupun ditumpangsarikan dan menyuguhkan kelompok bunga warna-warni yang menyegarkan pemandangan.

Tagetes dan cabe

marigold…Tagetes keemasan dan kuning ngejreng

Kembang di pematang

Yook dinikmati kembang di pematang. Aktualisasi kearifan lokal dalam ekosistem. Postingan refugia oleh-oleh dari HPS ini sebagai amplifier tulisan sahabat kebun yang menghiasi media cetak publikasi suatu agenda pelatihan juga untuk Oryza.

Iklan