Tag

, , ,

Ngeteh lagi yook

Ngeteh di Ndoro Donker-Kemuning-Karanganyar

Salah satu aktivitas yang hampir selalu meningkatkan mood kembali adalah ngeteh hangat. Rasanya tegukan cairan hangat seduhan pucuk atau daun muda tanaman teh (Camellia sinensis) ini berkhasiat nyata. Sari teh yang mengandung zat aktif yaitu teobromin, teofilin dan teanin selain kafein, mampu menenangkan syaraf bad mood dan mengubahnya menjadi semangat baru. Ini serial dari postingan ngeteh yook sebelumnya. Seduhan teh seperti apakah kesukaan sahabat?

  1. Honey lemon tea. Secangkir teh hangat dengan sesendok madu plus perasan jeruk lemon, alamak segarnya. Perpaduan rasa sepat teh dengan manis dan khasiat madu karya para lebah, mengalirkan energi baru. Apalagi dengan perasan jeruk lemon dengan rasa dan aroma yang khas, menuntaskan haus dan mengucurkan kesegaran baru
  2. Honey jeruk purut tea. Nah mirip dengan komposisi di atas. Pembedanya yang diperas adalah jeruk purut? Jeruk purut (Citrus hystrix) yang untuk bumbu sambal pecal, lah akan jadi teh rasa sambal pecal dongEits dicoba dulu, aroma perasan jeruk purut dengan tampilan khas pating brenjol ini mengirimkan sensasi wah di lidah. Tak heran salah satu merk teh kemasan menyajikan teh jeruk purut. Pastinya lebih sedap ramuan sendiri bisa ditakar sesuai selera.
  3. Honey ginger tea. Sore atau malam hari, perut terasa dingin? Yook sajikan secangkir teh plus madu yang diseduh dengan rebusan keprakan jahe, apalagi kalau jahenya dibakar terlebih dahulu. Rasa hangatnya cukup lama tersimpan di perut mengusir angin yang menyelinap di dalam lipatan usus kita hehe..
  4. Honey lemon ginger tea. Ya wis ini teh rasa kombinasi, ada rasa teh madu diseduh dengan air jahe panas lalu diberi perasan lemon. Pastinya rasanya hmmm sadapnya… kombinasi hangat segar.
  5. Teh herbal. Ini suguhan khas kelg 2S Daun teh berukuran kasar (bukan teh celup) direbus bersama sereh, kayu manis, jahe, cengkih. Sebagai pemanis bisa digunakan gula batu atau gula aren. Teh saringnya alamak rasanya sedap dan menghangatkan. Saya suka complain dengan sebutan herbal, lah teh kan memang herbal berasal dari pelayuan kadang lanjut dengan fermentasi daun teh.
  6. Teh Bulik. Nah ini teh yang sangat khas kalau kami keluarga besar berkumpul. Teh istimewa seduhan bulik atau adik 7S. Menggunakan campuran beberapa teh yang ada di rumah Ibu, diramu dengan tingkat kekentalan dan kadar manis yang pas. Kalau kami kompak berseru, kangen teh buliikkk… adik wuragil alias bungsu tak bisa mengelak, artinya bergegas ke dapur menyiapkan seteko besar teh panas andalannya untuk menemani kami ngobrol aneka topik.

Seduhan teh macam mana kesukaan sahabat Rynari? Ngeteh yook..

Iklan