Tag

, , , , , ,

Singgah di Kebun Yook

Okra

Hamparan Okra

Buah Okra

Buah Okra

Suatu pagi di kebun bersama Pak Ju. “Hamparan Okra ini sering dikunjung tetamu, beberapa minta foto diantara tegakan polongnya” “Nggak apalah Pak, asal tidak mengganggu pertumbuhan tanaman” Buah okra (Abelmochus esculentus sinonim Hibiscus  esculentus) (lady finger) berbentuk polong tegak ke atas, buah mudanya lazim di sayur, kini marak mode meminum okra yang diseduh air panas hingga berlendir sebagai obat herbal diabetes. Di kebun beberapa tanaman mulai menghasilkan polong menua untuk sediaan benih penanaman berikutnya.

Bunga tanaman Okra

Bunga tanaman Okra

Nah yang subur di para-para ini adalah labu siam  (Sechium edule) , uniknya berwarna putih, selama ini melihatnya di gerai hortimart Bawen. Sayuran ini menjadi pilihan saya saat nilai rapot asam urat berbintang. [Mengurangi konsumsi sayur penghasil purin dengan asupan sayur non hijau semisal terong, wortel, sawi putih/slobor serta jipan/labu siam] Labu siam putih ini juga sebagai pengelola kolesterol dan penurun tekanan darah tinggi.

Labu siam putih

Labu siam putih

Timun Jepang

Timun Jepang

Para-para berikutnya menampilkan keluarga cucurbitaceae berdaun mungil mirip ivy dengan buah mungil. Ooh inilah ketimun Jepang (bukan yang berkulit hijau pekat dengan ukuran lumayan) ukuran mungil sekelingking dewasa. Memetiknya lanjut mengusapkan di baju, hmm renyah segar.

Beberapa tanaman dibiarkan berbunga hingga membentuk biji untuk pembenihan. Inilah tampilan sawi pahit yang biasanya untuk sawi asin, bayam cabut (berbeda dengan bayam raja yang berdaun lebar yang dipanen dengan cara petik), sawi bakso dan kemangi.

Membenihkan sawi pahit-bayam cabut-sawi bakso-kemangi

Membenihkan sawi pahit-bayam cabut-sawi bakso-kemangi

Rumpun sereh

Rumpun sereh

Rumpun subur sereh (Cymbopogon citratus)…. Selain untuk bumbu/rempah kini minyak sereh naik pamor semisal untuk menghalau nyamuk. Cara lain dengan mengiris tipis pangkal batang yang menggelembung dan meletakkannya di ruangan, minyak atsiri sereh (citronella) yang menguap mengusir nyamuk dari ruangan dengan aroma segar khas sereh.

Kenikir

Kenikir

Sekelompok tanaman kenikir (Cosmos caudatus) tumbuh subur menghijau. Segar sekali dimasak urap ataupun pecel. Beberapa mengkonsumsinya untuk menekan cholesterol. Namun bagi yang habit kenaikan kolesterol dibarengi naiknya asam urat kurang disarankan karena potensial kaya purin. Tanaman ini di kebun sering di tanam sebagai border alias tanaman pinggir karena bersifat repelen atau penolak hama secara alami. Serangga kurang menyukai baunya.

Pagi itu suasana kebun penuh dengan kupu aneka warna mulai kuning keemasan, hitam kombinasi coklat kemerahan, abu-abu maupun putih bersih. Lah mengambil foto ataupun mengenali nama aneka kupu jauh dari ketrampilan saya….

Kembang Ratnapakaja

Kembang Ratnapakaja si kembang kenop

Kehadiran bunga ungu alias bunga kenop atau bunga kancing (Gomphrena globosa) biasa disebut ratnapakaja juga globe amaranth sungguh memikat. Tak dinyana tumbuhan ini juga digunakan dalam pengobatan tradisional untuk gangguan pernafasan. Juga memiliki sifat anti kapang sebagai pengawet.

Tanaman gadung

Tanaman gadung

Merambat di pohon pisang yang tumbuh di pojok kebun adalah tanaman gadung (Dioscorea hispida). Mengingatkan cangkriman wiwawite lesmbadonge (uwi dawa uwite tales amba godhonge/ uwi panjang batangnya, talas lebar daunnya) Umbinya menjadi alternatif sumber pangan karbohidrat. Diperlukan ketrampilan mengolahnya agar alkaloid dioskorina, racun penyebab pusing-pusing hingga mabuk dapat dinetralkan. Umbi berlendir kelompok uwi-uwian ini kaya glikoprotein dan polisakarida yang larut dalam air dan bersifat hidrokoloid yang berguna utuk menekan kadar glukosa darah maupun kolesterol total. Kandungan zat yang membuat mabuk sering dimanfaatkan sebagai bahan aktif pestisida nabati.

Nah keindahan masing-masing kelompok tanaman ini menjadi semakin padu dalam rawaian komunal. Setiap tumbuhan memiliki karakteristik khasnya, Selain bermanfaat langsung juga memiliki ‘semacam senjata’ untuk mempertahankan diri. Kehadiran suatu jenis tumbuhan melengkapi eksistensi jenis yang lain. [Sehingga diperlukan pemahaman karakter masyarakat tumbuhan untuk menghindarkan kita dari ketergesaan mengambil kesimpulan mari musnahkan tumbuhan A karena membikin pening dll. Pun mengagungkan secara berlebihan kegunaan suatu jenis tumbuhan. Karena senyatanya batas antara karakter racun dan fungsi obat sungguh sangatlah tipis. Yang alamipun perlu kehati-hatian dosis efektif. Ketergesaan media sosial memblowup berita seringkali menghadirkan kecemasan tak terkendali]

Set hidroponik

Set hidroponik

Berkebun sambil berdiri

Berkebun sambil berdiri

Kembali ini hanya coretan ringan dari dan tentang kebun keseharian. Bagi para sahabat yang ingin berkebun namun terkendala lahan ataupun nyeri pinggang, ini model apartemen/rumah susun alias verticulture berbasis hidroponik. Nutrisi tanaman berupa larutan hara yang dipompa dan disirkulasikan ke semua bagian. Tidak ada air ataupun hara yang dibuang. Permisi Pak Ju, saya kembali ke pangkalan ya. Selamat bersahabat dengan tanaman…