Tag

, ,

Taman Penyembuhan (Healing Garden)

Sahabat kebun yang budiman,
Apa khabar? Kiranya berkat kesehatan senantiasa dilimpahkanNya atas kita dan keluarga. Beberapa Sabtu berselang, saya pergi ke RS Panti Rapih YK ikut menemani ibu fisioterapi. Suasana pagi itu nampak berbeda, beberapa kursi plastik biru tertata rapi di selasar taman bagian Timur, beberapa petugas menata peralatan musik lengkap dengan papan partitur. “Kegiatan healing garden, mbak” jelas adik merespon tanya di wajah saya.

DSCN9911 - Copy

Taman Penyembuhan

Hati yang gembira adalah obat

Menjelang pukul 8.30, mulai terdengar suara merdu ‘penyanyi RSPR’ melantunkan lagu kenangan. Seraya memohon ijin mengambil foto dari jarak jauh saya mengamati beberapa kelompok mulai dari pasien rawat jalan dari poli dan yang mengikuti fisioterapi, keluarga penunggu maupun pengantar pasien mulai menduduki kursi biru. Dos makanan kecil dibagikan. Kemudian beberapa petugas mulai menjemput pasien rawat inap yang kondisinya sudah cukup baik untuk keluar ruangan dan bersedia mengikuti sesi ini …..

hg 3Dengan pengawalan perawat bangsal dan keluarga penunggu beberapa pasien berkursi roda lengkap dengan tiang infusnya didorong pelan memasuki taman. Disusul kemudian oleh pasien berkursi roda dengan balutan gips di bagian kaki. Tidak hanya itu, beberapa pasien di dorong ke taman dengan posisi tiduran di tempat tidur. Dari lantai atas bangsal perawatan yang menghadap ke taman beberapa pasien dan keluarganya tampak mengikuti acara meski tidak langsung turun ke taman.

Para perawat dan suster (biarawati) menyambut dan menyalami peserta kegiatan, antar pasien saling sharing. Bergantian antara petugas dan pasien saling bernyanyi mempersembahkan lagu. Beberapa pasien duet dengan keluarga maupun petugas. Lagu kenangan tempo doeloe maupun lagu anyar di dendangkan, ada why do you love me hingga tembang macapat. Proses penyembuhan terus berlangsung, hati yang gembira adalah obat….

Tiga kali setengah menit yang sangat berharga
Disambung kemudian sesi senam relaksasi ringan yang kali ini dipimpin oleh suster biarawati menggantikan bagian fisioterapi yang biasanya mengampu. “Salah satu pemicu stroke ringan adalah kebiasaan kita gedabikan loncat dari tempat tidur saat bangun pagi. Entah dengan alasan keburu ke kamar mandi atau harus segera ke dapur” demikian pembuka beliau.
Coba mari kita terapkan 3 x ½ menit yang sangat berharga. Setengah menit pertama, menyapa Sang Maha dan bersyukur atas hari baru karuniaNya ….., setengah menit berikutnya menggulirkan bola mata pelan ke kiri dan ke kanan, ke atas dan ke bawah secara perlahan, bila terasa pusing pertanda kita terlalu cepat menggulirkannya. Setengah menit ketiga menggerakkan mulut, tersenyum dan menyeringai, merangsang syaraf dan otot sekitar mulut yang sangat rentan terhadap serangan stroke (tampak merot).

hg 7Berikutnya adalah senam ringan menggerakkan kaki, tangan, leher maupun bahu. Tampak para peserta mengikuti gerakan ringannya, termasuk pasien yang berbaring di tempat tidur. Kegiatan dilanjutkan dengan bernyanyi, beberapa pasien mulai kembali di dorong ke kamar inap dan menjelang pk 10 kegiatan diakhiri melalui lantunan suara emas pasien bersarung setengah baya yang didampingi ibu berkerudung tosca teduh … autumn leaves….. Setiap musim adalah indah termasuk saat sedang sakit beliau merasakan masa konversi, masa menghayati empati, keluarga saling bahu membahu, pelaku layanan medis memberikan yang terbaik…..

[Semoga ibu bapak dan saudara berlimpah dalam berkah penyembuhan dari Sang Maha Tabib Agung, Terima kasih atas semangat yang menguar dari sesi ini merasuk kepada setiap yang hadir ke radius tak berbatas. Foto sengaja ditampilkan sangat kecil, karena bukan itu yang hakiki]

Taman Penyembuhan
Kegiatan ini di RSPR dilaksanakan setiap hari Sabtu terbuka untuk pasien inap, keluarga yang menunggu maupun pasien rawat jalan bahkan terbuka bagi relawan (dengan koordinasi). Taman penyembuhan (healing garden), therapeutic garden marak diterapkan oleh banyak rumah sakit. Gerakan yang bersumber pada menyerap energi positip penyembuhan dari alam. Berada di ruang terbuka, berinteraksi dengan orang lain, sinar matahari pagi, udara segar dibawah pepohonan, pemandangan taman lapang dengan penataan indah menjadi bagian proses penyembuhan. Lansekap arsitektura pertamanan rumah sakit menjadi bagian integral dari layanan kesehatan.

hg 9

Penyembuhan bersama alam

Sahabat kebun yang budiman,
Selamat menikmati hidup sehat, menemukan dan menyerap energi positip penyembuhan dari alam dimanapun kita berada. Dan…rasanya setiap sahabat adalah bagian dari healing garden bagi sesama, postingan sahabat juga menjadi bacaan penyembuhan bagi setiap pembacanya.
Salam Sehat.