Tag

, , ,

Suguhan Selat Solo 

Liburan akhir pekan, paling asyiik ngumpul santai di rumah plus menikmati masakan bunda, bagi para bunda yang kurang menggemari acara memasak minimal menyajikan menu pilihan bunda. Salah satu menu kesukaan kami adalah Selat Solo (steak Jawa dengan kuah segar), masak sendiri….belum tentu, nah ini dia bagi para sahabat yang sedang berada di Solo dan ingin menikmati kuliner khas Solo bisa dijajal Selat Solo mBak Lies di daerah Serengan.

Warung Selat Solo

Warung Selat Solo

Lokasi kuliner ini tidak tepat di tepi jalan besar, sedikit masuk pemukiman dan bila datang sekitar jam makan lebih baik parkir di jalan sekundernya karena untuk mencapai tempat parkir di depan rumah makan perlu masuk di jalan sangat sempit cukup pas satu mobil tanpa berpapasan bahkan sepeda motorpun. Jadi teringat pelajaran ilmu bumi, selat adalah bagian laut ibarat celah sempit yang memisahkan dua daratan dan menghubungkan dua samudera bebas, semisal Selat Sunda maupun Selat Bali.

2-Warung Selat-silakan duduk

Warung Selat-silakan duduk

Warung selat-ruang dalam

Warung selat-ruang dalam

Memasuki rumah makan serasa memasuki galeri seni dengan aneka benda seni tergantung, terhampar. Selamat datang, silakan duduk, pilih di dalam dengan model lesehan, lesehan di teras atau duduk di pelataran beratap dengan bangku aneka ragam. Kami memilih lesehan di teras yang langsung dapat melihat proses memasak, meracik bahkan salah satu petugas pengupas wortelpun duduk di dekat kami. Suasananya terasa sedang rewangan di tempat hajatan pesta.

4-Warung Selat-campur bawur

Warung Selat-campur bawur

Bila rumah makan lain sangat memperhatikan penataan ruang, memilah dengan jelas mana ruang pelangan menikmati masakan dan ruang penyimpanan materi bahan mentah. Konsep ini diabaikan oleh mBak Lies, guci porselin penyimpan mentimun, gundukan buncis, tumpukan pisang kepok bahkan gelundungan gori/nangka muda menjadi bagian dari interior.

Selat Solo Serengan

Selat Solo Serengan

6-Selat Solo-harga terjangkau

Selat Solo-harga terjangkau

Sesuai dengan namanya hidangan utamanya adalah selat Solo dengan aneka varian daging, lidah maupun galantine, bagi pengunjung yang vegetarian mari dinikmati sepiring gado-gado, rindu sugatan sup manten, tahu acar ayo dipesan. Semuanya dapat dinikmati dengan harga terjangkau, lidah terpuaskan, keakraban keluarga tergalang di rumah makan dengan suasana rumahan serba seni. Saat membayar ke kasir terbelalak dengan tatanan campur bawur ala Jawa, Oriental bahkan dagangan cindera mata Negara Gajah Putih, loh inikah pesan tersirat Selat Solo racikan khas lokal Sola namun dapat dinikmati oleh selera global…. Selamat bersantap bersama keluarga