Tag

, , , ,

Janji Manis dari Kaki Gunung Panderman

Sekian dasa warsa silam terpikat dengan meranumnya buah di hamparan kebun penelitian di lereng Gunung Panderman. Bersyukur saat diijinkan kembali menikmatinya, meski lerengnya tak sedingin dulu. Kebun percobaan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) [yang sering dipelesetkan dengan jeruk stroberi] berada di Jl Raya Tlekung, Batu di  lereng Gunung Panderman, ikon kota Batu, gunung berketinggian 2 045 mdpl dengan puncak Basundara yang terkenal.

Panderman berkabut

Panderman berkabut

Di kaki G. Panderman (foto dari slide presentasi)

Di kaki G. Panderman (foto dari slide presentasi)

Warisan dari zaman Belanda, sebagai pendatang dari wilayah subtropika tidak serta merta beradaptasi mengkonsumsi buah tropika. Masih tetap kepengin menikmati buah subtropika namun ingin memangkas biaya transportasi, jalan keluarnya melakukan adaptasi di daerah pegunungan dengan kondisi agroklimat yang agak mirip dengan daerah asalnya, jadilah kini Balitjestro dengan mandat penelitian komoditas jeruk, apel, klengkeng, anggur dan stroberi.

Aneka koleksi dan rakitan teknologi selalu diracik agar memenuhi kebutuhan peningkatan produksi dan kualitas buah lokal, agar buah lokal mampu menjadi raja di negeri sendiri. Koleksi buah jeruk Indonesia luar biasa dari jenis jeruk keprok dengan kombinasi rasa manis asam segarnya, manisnya jeruk siam hingga jeruk besar alias pamelo. Pada zamannya, jeruk keprok Tawangmangu (lereng Lawu), keprok Batu pun Keprok Soe (NTT) meraja, pengusahanya bergelimang harta hingga saatnya menangis keras, ludes oleh CPVD.

Visitor plot budidaya jeruk

Visitor plot budidaya jeruk

Jeruk Malang

Jeruk Malang berjaya di Salatiga

Mencicip segarnya jeruk Malang yang dipajang di gerai S* di Salatiga, ini tampilan kebun jeruk di Balitjestro. Meski lembaga penelitian, kebun ini juga membuka diri untuk umum melalui agrowisata petik buah jeruk yang diperkirakan bulan Juli nanti. Mau wisata petik jeruk, silakan gabung…

Panen Jeruk yook Juni-Juli 2015

Panen Jeruk yook Juni-Juli 2015

Berikut tampilan kebun koleksi buah apel, dengan primadona apel Manalagi, Romebeauty dan Ana. Demi mempersempahkan hasil yang maksimal, pohon apel merelakan batang kokohnya dilabur memutih dengan bubur bordeaux, rantingnya di rentang dengan kawat, mahkota daun dan pucuknya dirompes hingga berpenampilan ala si buruk rupa. Kalau mau wisata petik apel cukup banyak kebun yang ditangani agrowisata maupun kelompok tani yang menawarkan petualangan ini.

Apel Manalagi koleksi Balitjestro

Apel Manalagi koleksi Balitjestro

Bunga Apel

Bunga Apel

Untuk koleksi anggur, lumayan banyak dari warna keungu hitaman, kekuningan maupun kehijauan dengan aneka rasa dan ukuran buah. Untuk produksi, saya lebih memilih dari daerah agak rendah semisal Kebun Grati Agung Pasuruan, rasa manis dan teksturnya lebih menggoda.

Anggur koleksi Balitjestro (pentil) foto oleh Lusia 120515

Anggur koleksi Balitjestro (pentil) foto oleh Lusia 120515

Panen anggur koleksi Balitjestro by Lusia 3 Juni 15

Panen anggur koleksi Balitjestro by Lusia 3 Juni 15

Selamat berkarya, peneliti buah jeruk dan tanaman subtropika yang banyak penggemarnya di persada ini. Kami menanti bukti janji manis dari kaki Gunung Panderman. Eee pembaca untuk menyemangati dan menghargai kerja kerasnya yook kita semakin mencintai buah produksi lokal. Jeruk Medan, Pontianak, Purworejo, Tawangmangu, Garut, Malang maupun Soe (TTS, NTT) wuenak loh. Apel Malang segarnya bukan kepalang….