Tag

, , ,

Bola-bola Merah Putih

Mendukung gegap gempita merah putih, kebun rynari menyuguhkan bola-bola merah putih sederhana ini….

Bola-bola merah Calliandra sp

Bola-bola merah Calliandra sp

Bola-bola merah diwakili oleh Calliandra sp, salah satu anggota genus/marga calliandra yang sangat kaya ragam memiliki lebih dari 200 spesies. Penelusuran lebih lanjut lebih dekat dengan performa Calliandra emarginata. Sosok calliandra ini dengan anggun menyapa setiap pengunjung embung di puncak punthuk kebun buah di Bawen.

Sosok Calliandra di tepian telaga

Sosok Calliandra di tepian telaga

Bola-bola merah menjajar

Bola-bola merah Calliandra menjajar

Bola merah Calliandra mekar dan kuncup

Bola merah Calliandra mekar dan kuncup

Bola-bola putih diwakili oleh sintrong (Crassocephalum crepidioides S. Moore) yang tumbuh sesaat menempel di pagar rumah. Tumbuhan ini juga dinamai ebolo, thickhead, redflower ragleaf, atau fireweed. Sebutan bagini, jambrong, tespong (Sunda), jombloh, mandrung-mandrung, puyung (Jawa) dilekatkan pada tumbuhan ini. Hingga saat ini tidak termasuk tumbuhan yang dibudidayakan secara khusus, termasuk gulma pengganggu tanaman utama.

Sintrong si bola putih

Sintrong si bola putih

Bola-bola putih

Bola-bola putih Sintrong

Bentuk tabung kuntumnya mirip dengan dandang (alat penanak nasi jaman dulu) sehingga kami kanak-kanak kebun menyebutnya dandang-dandangan. Masa kecil sesekali saya memetik daun tumbuhan ini untuk disayur, beberapa tetangga mempergunakan sebagai tanaman obat untuk beberapa jenis penyakit. Baru menyadari bahwa dibalik aneka manfaat edible plant sintrong (Crassocephalum crepidioides) ini juga perlu diawas kandungan alkaloid pirolizidina yang ditengarai bersifat pemicu tumor. Sebuah pembelajaran bahwa dibalik banyak kemanfaatan terselip sifat toksik, kearifan titah penyandang akal budi  untuk memilahnya. Salam merah putih untuk sahabat kebun

Iklan