Tag

,

Weekly Photo Challenge: Window

Jendela tidak hanya sekedar pemanis rumah, melaluinya setiap penghuni dapat menikmati aneka pemandangan di luar rumah tanpa harus meninggalkan kenyamanan rumah maupun memantas penampilan diri. Melalui jendela kita dimampukan menyesap rasa tanpa harus berada langsung di tempat yang kita amati. Mari tengok rinai hujan dari salah satu jendela di lantai 2 gedung B di kompleks Lawang Sewu, aneka nuansa dirasakan melalui bidang jendela tersebut.

nikmati rinai hujan dari jendela (Gedung B Lawang Sewu Semarang)

nikmati rinai hujan dari jendela (Gedung B Lawang Sewu Semarang)

Bahkan bangunan bersejarah Lawang Sewu inipun ibarat ‘jendela’ tempat kita melongok masa silam tanpa harus meninggalkan kekinian. Melalui ‘jendela’ tersebut terlihat betapa perancangnya menaruh perhatian besar pada keseimbangan manusia – bangunan dan lingkungan sekitarnya semisal curah hujan, kelandaian lahan melalui penataan gorong-gorong drainase untuk menanggulangi banjir dan mendapatkan sanitasi lingkungan sehat. ‘Jendela’ masa silam menjadikan setiap pengintainya memiliki pengharapan kuat untuk mengintai ‘jendela masa depan’. Mari nikmati aneka wujud fisik  jendela di komplek ini.

Jendela Aneka wujud di Lawang Sewu

Jendela Aneka wujud di Lawang Sewu

Jendela di Lawang Sewu, bila sirkulasi dan keamanan utamanya

Konstruksi jendela bila sirkulasi dan keamanan utamanya (Lawang Sewu Semarang)

Melalui jendela, pertukaran udara antar ruang dalam dan luar terjadi. Bila sirkulasi udara, kenyamanan dan keamanan menjadi prioritas ini dia modelnya, daun jendela membuka ke dalam dan ke atas. Udara segar masuk ke ruangan melalui bagian atas secara leluasa dan udara kotor mengalir ke luar melalui bagian bawahnya. Peluang kepala terantuk daun jendela diperkecil begitupun tingkat kesulitan tamu tak diundang masuk ruangan diperhitungkan. Melalui ‘jendela rasa’ terbayang kemegahan ballroom ini pada masanya…..lampu Kristal indah megah bergantungan di langit-langit tinggi, noni dan sinyo berdansa mesra…. Aneka kisah lahir dari jendela inspirasi.