Tag

, , , , ,

Antara Subeyo dan Duryodana

Juragan Subeyojeka-Petruk jadi Presiden

Juragan Subeyojeka-Petruk jadi Presiden

Juragan Subeyojeka

Buku bersampul coklat tampil memikat di rak toko buku saat berkunjung ke padepokan agung Patih Majapahit Agustus 2012. Sebuah novel ajaran Jawa begitu yang diwartakan sang penulis Pak Nur Iswantara dan divisualisasikan melalui sorot mata tajam asta sedakep dari pyayi berbusana Jawa model Yogyakartanan.

Bertutur tentang sosok kaya gagah-ganteng atetenger Suro Bejo Yosodimulyo Jayeng Karso alias Subeyojeka dari dusun Gunungsalam yang mengalami metamorphose luar biasa hingga memegang tampuk kepemimpinan. Pencapaian kalenggahan yang melibatkan tokoh Masyon, juru atur strategi hingga kisah cintanya dengan Dewi Arimbi. Aneka sesanti digelar diantaranya menang tanpa ngasorake, kuntul nglayang, berbudi bawa laksana, gugat ajining diri, ngono ya ngono ning aja ngono, maos mawi raos, aja dumeh, adigang adigung adiguna, ing madya mangun karsa, aja rumangsa bisa ananging bisaa rumangsa, mawa cara mawa tata hingga berburu wahyu berbekal eling sangkan paraning dumadi.

Karena saya tidak memiliki kemampuan meresensi apalagi meriview, hanya kata yang mewakili …… beruntung membacanya….

Judul: Juragan Subeyojeka. Sebuah novel ajaran Jawa

Penulis: Nur Iswantara

Penerbit: Media Kreatifa

Cetakan pertama: Oktober 2009

Tebal: 248 halaman

Duryodana dalam Buku Giliran Petruk jadi Presiden

Duryodana sang raja Hastinapura ini menjadi trending topics eh judul dari 3 episode awal melalui lakon disadap – gamang – burung besi MA 60. Sang penulis Guskar Suryoatmaja mengusung tema Belajar Politik dari Kisah Wayang. Setiap tokoh yang dikisahkan sangat dekat dengan kekuasaan dan seni memperoleh serta mempertahankannya. Ada permainan strategi, intrik Sengkuni pun jalinan kisah asmaranya.

Judul buku diambil dari bab pembayun yang sering dipentaskan dalam lakon Petruk jadi Ratu. Betapa wahyu cumlorot bisa menghampiri siapapun, elok sekaligus nggegirisi di tangan yang tidak tepat.  Diracik dalam bahasa yang renyah menarik sehingga membuat pembaca yang jauh dari pemahaman perwayangan seperti sayapun tak mau berhenti membaca hingga usai dan mengulangnya untuk menyesap sari pembelajarannya.

Kembali karena sangat jauh dari kompetensi meresensi apalagi meriview, hanya kata yang mewakili rugi bila terlewatkan….

Judul: Giliran Petruk jadi Presiden

Penulis: Guskar Suryoatmaja

Penerbit: Halamanmoeka Publishing

Cetakan pertama: April 2014

Tebal: 206 halaman

Mempergunakan media wajah cerita sosbudpol masyarakat pedusunan maupun perwayangan, kedua buku ini mendaratkan tema kekuasaan secara nyata apik, menggelitik syaraf mengernyit, senyum dikulum, rasa getir hingga tertawa terbahak. tak ada niatan menyentil namun bila tersentil usahlah tersinggung. [Dunia ini panggung sandiwara, cerita yang mudah berubah. Kisah Mahabarata atau tragedi dari Yunani. Setiap kita dapat satu peranan yang harus kita mainkan…. lantun rocker Ahmad Albar]

Terima kasih Pak Nur Is, Kyaine Guskar yang telah mempersembahkan karya sastra indah berkualitas prima  bagi bumi Nusantara. Selamat terus berkarya.